PPP Sodorkan Ganjar – Sandi ke PDIP

JAKARTA – Capres andalan PDIP, Ganjar Pranowo, sedang hangat-hangatnya diduetkan dengan sejumlah nama. Salah satu nama yang muncul yaitu Sandiaga Uno yang baru-baru ini pamit dari Gerindra dan diisukan gabung ke PPP.

Plt Ketua Umum PPP Mardiono sempat menyebut bila duet Ganjar-Sandi layak untuk bertarung di Pemilu 2024. Sepakatkah PDIP?

“Ya setiap ketua umum partai punya pandangan berdasarkan pemetaan atas politik yang berkembang. Ya kami hormati pendapat dari setiap ketum,” ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/4/2023).

Menurut Hasto, siapa nantinya cawapres untuk Ganjar akan didasarkan pada pengalaman PDIP saat 2014 dan 2019. Untuk saat ini, kata Hasto, masih menjadi teka-teki.

“Nanti akan ada sebagaimana pengalaman 2014 dan 2019, akan ada pengerucutan terhadap siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo dan sekarang katakanlah itu masih menjadi suatu teka-teki tapi kalau kita baca dinamika yang berkembang dari harapan rakyat sebenarnya ada suatu arah yang jelas,” ucap Hasto.

Baca Juga:   Ganjar - Mahfud Lengket Hadiri Pernikahan Anak Mantan Ketua PBNU

Hasto menyebut akan ada parpol lain yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar.

“Nanti kita tunggu saja, bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDIP Bapak Ganjar,” kata Hasto kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (24/2023).

Hasto enggan mengungkap partai politik mana yang akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar. Dia hanya menekankan pasca pengumuman Ganjar sebagai capres, partainya langsung melakukan pembicaraan dengan parpol lain.

Sebelumnya pada Sabtu, 22 April 2023, Plt Ketum PPP Mardiono sempat menyampaikan pendapatnya soal duet Ganjar-Sandi. Hal itu disampaikan Mardiono usai menerima kunjungan Sandi.

“Menurut saya sih cocok, karena waktu itu Pak Presiden juga sudah mengatakan cocok. Jadi, Ganjar dengan Pak Sandi cocok,”ujar Mardiono.

Di sisi lain kabar bergabungnya Sandi ke PPP kian menguat usai menyatakan pamit dari Gerindra. Namun apabila nantinya Sandi benar berlabuh ke PPP, Mardiono mengaku belum menentukan posisi yang cocok untuk Sandiaga.

“Ya nanti akan kita bicarakan ya, sesuai dengan mekanisme partai,” ucap Mardiono.(SW)