Rivalitas AHY – Aher Bisa Buyarkan Pencapresan Anies

JAKARTA – Rivalitas AHY – Aher bisa buyarkan pencapresan Anies Baswedan bila keduanya saling ngotot. Sebab perpecahan akan membuat persyaratan 20% presidential threshold tak terpenuhi.

Anies sendiri sudah dicapreskan Partai NasDem dan NasDem menyerahkan sepenuhnya terkait cawapres kepada Anies. Sayangnya, suara NasDem tak cukup bila sendirian. Ada Partai Demokrat dan PKS yang mencoba merapat menyodorkan calon cawapresnya buat Anies.

Kemudian rivalitas terjadi antara Demokrat dan PKS. Rivalitas AHY – Aher. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sendiri sudah bertemu dengan Anies. Kini tinggal Ahmad Heryawan ( Aher) yang dijadwalkan bakal bertemu Anies.

Anies akan bertemu dengan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan. Pertemuan itu direncanakan lusa.
“Iya minggu (30/10),” kata Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Dalam pertemuan itu, keduanya akan sekaligus menjadi pembicara di acara DPP PKS. Namun, belum diketahui, apa tema acara tersebut. “Ada acara DPP, Pak Anies dan Kang Aher jadi narasumber,” ujarnya.

Diketahui, Aher merupakan figur yang diusulkan PKS untuk jadi cawapres dampingi Anies Baswedan. Sebelumnya mengerucut satu nama ini, PKS mengusulkan 5 nama cawapres, yakni Ahmad Heryawan, Hidayat Nur Wahid, Iwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan M Sohibul Iman.

Baca Juga:   Anies-AHY, Restu NasDem dan PKS Tinggal Tunggu Waktu

“Amanah musyawarah Majelis Syura itu kan ada lima. Ada Ahmad Heryawan, Hidayat Nur Wahid, Iwan Prayitno, Ahmad Syaikhu, dan M. Sohibul Iman,” kata Kholid kepada wartawan usai mengisi acara KedaiKOPI, Minggu (23/10) lalu.

Dari lima nama itu, lanjutnya, kemudian mengerucut menjadi satu nama. Kholid menuturkan nama Aher dipertimbangkan Majelis Syura untuk diusulkan ke bakal poros koalisi.

“Dari lima ini kita komunikasikan. Lima kan kebanyakan tuh, lalu dikomunikasikan kalau dibuat mengerucut dari internal kita kalau diminta satu orang dari PKS, pimpinan mengerucut kepada Ahmad Heryawan sebagai salah satu kandidat yang kita usulkan,” katanya.

Pertemuan Anies – Aher nanti menjadi titik balik apakah koalisi NasDem, Demokrat dan PKS semakin kuat atau semakin lemah. Bila Demokrat dan PKS saling ngotot hingga terjadi rivalitas AHY – Aher maka akan memperlemah koalisi. Bahkan bisa membuyarkan pencapresan Anies.(SW)