Survei Cawapres Nama Aher Tak Masuk Nominasi

JAKARTA – Litbang Kompas menyebut untuk Cawapres nama Ahmad Heryawan (Aher) tidak masuk nominasi dalam survei cawapres. Nama Aher tak ada sementara Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ada di posisi 5.

Litbang Kompas menyebut tingkat kepercayaan pada survei cawapres tokoh-tokoh pada bursa cawapres 2024 ini 95 persen. Sementara itu margin of error penelitian sekitar 2,8 persen.

Ada 12 nama tokoh yang elektabilitasnya diukur menjadi wapres 2024 di antaranya Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, AHY hingga Mahfud Md. Berikut hasilnya:

1. Ridwan Kamil 11,5 persen
2. Sandiaga Uno 10,6 persen
3. Anies Baswedan 9,3 persen
4. Ganjar Pranowo 7,3 persen
5. Agus Harimurti Yudhoyono 6,5 persen
6. Prabowo Subianto 4,4 persen
7. Tri Rismaharini 2,5 persen
8. Erick Thohir 2,4 persen
9. Khofifah Indarparawansa 1,7 persen
10. Puan Maharani 1,4 persen
11. Muhaimin Iskandar 1 persen
12. Mahfud Md 0,8 persen
Lainnya 5,3 persen
Tidak ada 2,5 persen
Tidak Tahu 32,7 persen

Sementara mantan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla (JK) menyarankan Anies Baswedan memilih cawapres yang tak populer namun berpengalaman dalam membantu presiden.

Baca Juga:   Anies Baswedan Tanggapi Film 'Dirty Vote': Peringatan Tentang Respons Rakyat terhadap Kecurangan

Jusuf Kalla menyebut Anies perlu mempertimbangkan cawapres yang berpengalaman, sementara popularitas dinomor sekian. JK mencontohkan sejumlah nama yang pernah dan masih menjabat wapres.

Dia mencontohkan sosok Wakil Presiden ke-11, Boediono dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menurutnya, kedua sosok tersebut mampu bekerja dengan baik dalam membantu presiden tanpa sekalipun berkampanye.

“(Contoh) saya dua kali wapres, Pak Boediono, Pak Kiai (Ma’ruf) pernah kampanye nggak? Nggak pernah. Harus tadi, harus bekerja dengan baik. Sehingga dilihat ini, harus menilai bisa bekerja sama atau bisa membantu,” ucapnya.(SW)