Breaking News
Iklan
Iklan

Survei Membuktikan, Ganjar – Prabowo Bisa Menang Jika Diduetkan

JAKARTA – Survei Charta Politika menyebutkan Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto berpotensi unggul jika berduet sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilu 2024. Sebab pasangan tersebut banyak dipilih oleh responden.

Ganjar-Prabowo memperoleh angka 45,3 persen dalam survei yang dirilis pada Kamis (22/12/2022). Angka ini menunjukkan pasangan Ganjar-Prabowo berpotensi menang satu putaran dalam pilpres.

“Ada kecenderungan apabila Ganjar Pranowo bersanding dengan Prabowo Subianto, mereka berpotensi menang satu putaran. Apakah ini akan terjadi? Saya pikir butuh analis lebih mendalam secara politik terkait,” kata Yunarto Wijaya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/12/2022).

Survei yang sama juga memperlihatkan elektabilitas masing-masing tokoh. Hasilnya, Ganjar Pranowo unggul dengan 37,0 persen.
Di urutan kedua ada Anies Baswedan dengan elektabilitas 29,2 persen. Sementara, Prabowo di urutan ketiga dengan tingkat elektoral 26,1 persen.

“Apakah ini mungkin terjadi? Saya pikir mungkin butuh analis lebih mendalam secara politik terkait dengan berbagai kepentingan partai masing-masing capres dan tentu saja ego terkait dengan masing-masing pemilih partai,” kata Yunarto.

Baca Juga:   Menkumham Ogah Tanggapi Pernyataan Ganjar, Nilai 5 Penegakan Hukum

Sebagai informasi tambahan, survei Charta Politika ini diselenggarakan pada 8-16 Desember 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih.

Survei menggunakan metode wawancara tatap muka, dan sebaran responden mencapai 34 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Dengan metode sampling menggunakan multistage random sampling, survei ini melibatkan 1.220 responden. Sementara, margin of error dengan ukuran sampel tersebut adalah sebesar 2,82 persen.(SW)