Capres 2024, Prabowo Bisa Terjungkal oleh Anies, Ganjar, Ridwan Kamil Bahkan Sandi

JAKARTA – Prabowo bisa terjungkal oleh Anies, Ganjar, Ridwan Kamil bahkan Sandi Uno. Empat orang tersebut diyakini bisa menjadi pesaing kuat Prabowo Subianto pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Karena itu andai Prabowo jadi maju Capres 2024, dia tidak boleh jumawa.

Empat orang, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil dan Sandi Uno namanya sempat disebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) sebagai kandidat Capres 2024.

Nama Sandi Uno bahkan dengan lugas disebut oleh Zulhas.

Zulhas sebelumnya menyampaikan harapannya itu saat bertemu Sandiaga Uno di Sarinah. Saat itu, keduanya memang tengah menghadiri kegiatan Indonesia Retail Summit 2022 yang dilaksanakan pada Senin (15/8).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno dan Zulhas juga sempat akarb berfoto bersama. Setelah selesai berfoto, Zulhas menyampaikan harapannya untuk bisa mendukung Sandiaga lagi di 2024.

“Pilpreslalu saya mendukung beliau (Sandiaga Uno) semoga 2024 bisa mendukung lagi,” ujar Zulhas.

Sandiaga lantas menyambut positif pernyataan dukungan dari Zulhas. Dia hanya tersenyum tanpa berbicara banyak.

“Insyaallah,” kata Sandiaga Uno menimpali.

PAN sendiri dinilai masih membuka diri untuk figur-figur eksternal partai yang mungkin dijagokan di Pilpres 2024.

Baca Juga:   Ekonomi Stabil, Airlangga Hartarto Layak Jadi Capres di 2024

“Zulhas sepertinya juga menimbang banyak figur eksternal untuk bisa dijagokan maju termasuk Sandi. PAN kan juga sering menyebut nama Erick Tohir, Ridwan Kamil, bahkan Ganjar dan Anies untuk diusung maju,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

“Intinya, PAN membuka diri untuk nama-nama lain di luar Zulhas,” tambahnya.

Terkait Sandi, Adi menyebut Sandiaga Uno selalu muncul dalam 5 besar survei sebagai capres. Menurut Adi, Sandi adalah ‘barang bagus’ jika diusung PAN sebagai capres 2024.

“Apapun judulnya, Sandi selalu muncul secara signifikan di survei sebagai capres, langganan masuk 5 besar. Bahkan untuk posisi cawapres Sandi paling favorit yang bisa memberikan insentif elektoral bagi pasangan capres. Intinya, Sandi barang bagus,” katanya.

Zulhas sendiri sempat mengungkapkan harapan mendukung kader Partai Gerindra Sandiaga Uno jadi capres 2024. Usulan Zulhas tersebut disambut oleh Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Silakan (dukung Sandiaga), bagus,” kata Prabowo saat dimintai tanggapan soal Zulhas mau mengusung Sandiaga jadi capres. Prabowo diwawancarai usai Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Prabowo Subianto ditetapkan sebagai bakal calon presiden pada Pilpres 2024 dalam Rapimnas Gerindra. Prabowo menyatakan siap mencalonkan diri sebagai calon presiden (capres) lagi.

Baca Juga:   Bertemu Aher, Kebimbangan Anies Memilih Cawapres.

Pernyataan itu disampaikan oleh Prabowo dalam Rapimnas Gerindra di SICC, Sentul, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Prabowo Subianto menyebutkan dirinya siap menerima permintaan 34 DPD dan organisasi sayap Gerindra untuk maju lagi pada 2024.

“Saudara-saudara dengan demikian dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim setelah saya mempelajari dan mendengarkan dengan seksama, sikap setiap DPD dan setiap sayap partai, yang mengharapkan saya untuk menerima pencalonan sebagai presiden Republik Indonesia tahun 2024,” kata Prabowo.

“Dengan ini saya menyatakan bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan Saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden Indonesia,” sambungnya.(SW)