GP Ansor Sodorkan Nama-nama Ini Buat Cawapres Ganjar

JAKARTA — GP Ansor sodorkan nama-nama buat Cawapres Ganjar Pranowo. Seperti diketahui deklarasi Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menuai sejumlah respons. Salah satunya soal sosok yang bakal mendampingi Ganjar sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk maju di kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Ketua Umum GP Ansor sekaligus politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yaqut Cholil Qoumas menyebut ada empat sosok yang dapat menjadi cawapres Ganjar.

Menurut Yaqut, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin dengan pengalaman dan kredibilitas yang tinggi untuk menghadapi tantangan yang besar.

“Kita bersyukur bangsa ini melahirkan banyak pemimpin sangat mumpuni dan berintegritas seperti Pak Erick Thohir, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud MD, Pak Ridwan Kamil,” kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Minggu (23/4).

Yaqut yakin keempat sosok yang dia sebut mampu jadi pemimpin di Pilpres 2024.

Menteri Agama itu mengklaim empat sosok tersebut telah terbukti mengukir banyak prestasi dan memiliki pengalaman hingga reputasi yang tinggi sampai level internasional.

Lalu, Yaqut mencontohkan sosok Erick yang dinilai mempunyai pengalaman baik di pemerintahan atau luar pemerintahan.

Erick, kata Yaqut, merupakan kader Banser dapat mengemban beberapa tugas besar negara dengan sangat baik, berkolaborasi dengan banyak pihak dan bervisi luas.

Baca Juga:   Kader Golkar DPD II Wajo peserta terbaik pada Young Polical Leader (YPL) 13, ini kata DBR

“Potensi dan keunggulan inilah yang sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di tengah tantangan saat ini. Saya sangat meyakini jika beliau maju bersama Pak Ganjar maka jadi pasangan yang ideal karena ada chemistry dan bisa saling melengkapi,” jelas Yaqut.

Lebih lanjut, Yaqut menilai tiga sosok lainnya juga telah membuktikan kapasitasnya sebagai seorang pemimpin yang dapat mendampingi Ganjar.

“Beliau-beliau politisi yang matang dan juga berpengalaman di pemerintahan. Seperti Pak Sandi juga ahli ekonomi dan taktis, demikian juga Pak Mahfud sosok pemimpin senior yang berani dan bersih,” ujar dia.

Selain itu, Yaqut mengatakan pihaknya berharap Pilpres 2024 mendatang dapat melahirkan pemimpin bangsa yang berkualitas, bervisi luas dan tangguh.

“GP Ansor optimistis, Indonesia bisa maju karena memiliki banyak stok pemimpin yang berkualitas dan berpengalaman,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga telah menyebut sejumlah nama yang cocok dan berpeluang jadi cawapres pendamping Ganjar di Pilpres 2024.

Menteri BUMN Erick Thohir, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masuk dalam jajaran nama tersebut.

Jokowi menyebut nama-nama itu ketika menjawab pertanyaan wartawan mengenai siapa tokoh potensial yang cocok jadi cawapres Ganjar Pranowo.

Baca Juga:   Hasil Survei Prabowo Salip Ganjar, Efek Batalnya Tuan Rumah Piala Dunia U-20

“Kok tanya saya, banyak (yang cocok). Ada Pak Erick, Pak Sandiaga Uno, Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, Cak Imin, dan Pak Airlangga. Termasuk Pak Prabowo,” ucap Jokowi usai salat Idulfitri 1444 Hijriah di Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (22/4).

Selain Ganjar, terdapat dua sosok lain yang akan maju jadi capres. Mereka adalah Anies Rasyid Baswedan dan Prabowo Subianto. Ganjar, Anies, dan Prabowo selalu jadi yang teratas dalam jajak pendapat lembaga survei.

Tak hanya capres, bursa bakal cawapres juga kian memanas. Sosok cawapres dinilai berpengaruh besar dalam pemenangan nantinya.

Selain empat nama yang disebut Yaqut, terdapat nama-nama lain yang juga dslisebut-sebut sebagai bakal cawapres. Mereka adalah Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.(SW)