Ini Partai Yang Siap Dukung Gibran Maju Pilgub

JAKARTA – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyatakan kesiapannya maju sebagai calon gubernur 2024. Parpol pro Jokowi pun merapat memberikan dukungan ke Gibran.

Terkait pernyataan Gibran yang bilang siap maju cagub itu diungkapnya di Balai Kota Solo. Gibran awalnya menjawab pertanyaan soal memilih DKI Jakarta atau menggantikan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah.

“Menggantikan Pak Ganjar? Nggak, nanti ya sabar. Kita fokus membuka satu per satu, meresmikan program fisik yang kemarin saya canangkan fokus kuwi sik, urusan Pilgub, Pilpres nanti wae,” ujar Gibran.

Meski begitu, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengaku siap apabila dicalonkan. Namun dia meminta menunggu keputusan dari Ketua Umum Partai PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

“Ya saya sih siap (diberi mandat maju pilgub), tapi nunggu Bu Ketua Umum dulu ya. Sekali lagi saya ini masih belajar, masih perlu banyak masukan-masukan beliau-beliau senior,” kata Gibran.

Gibran menyebut Jawa Tengah maupun DKI Jakarta sudah baik di bawah pemimpin sebelumnya. Menurut Gibran, program-program yang baik wajib diteruskan.

Baca Juga:   Usai KPU Disangsi Keras Karena Melanggar Etik, Pencalonan Gibran Dianggap Cacat Hukum

“Program-program dari pemerintah sebelumnya juga wajib diteruskan dan saya rasa ya Jawa Tengah dan DKI Jakarta ini sama-sama baik. Maksudnya ke depan nanti benar-benar menjadi DKI menjadi pusat ekonomi, Jateng sebagai lumbung pangan,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan mengaku terbuka untuk mengusung Gibran di Pilgub 2024. Dia mendukung Gibran mampir-mampir ke PKB.

“Sejujurnya belum ada pembahasan langsung tetapi tentu PKB sangat terbuka dengan siapapun termasuk dengan Mas Gibran ya. Kenapa belum dibahas? Karena kan pileg dulu baru pilkada gitu, jadi saat ini kita masih fokus ke pileg. Kalau memang karena kita PKB terbuka ya mungkin nanti Mas Gibran harus mampir-mampir ke PKB,” kata Ketua DPP PKB Daniel Johan kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2023).

Senada dilontarkan Golkar, Waketum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng menegaskan terbuka untuk mengusung jika Gibran betul-betul ‘nyagub’ di 2024.

“Begini, prinsipnya, Golkar kan, ya, orang yang mau maju di pilgub, bupati, walkot, itu kan hak individu masing-masing. Jadi tidak ada yang membatasi selama memenuhi persyaratan,” kata Melchias Markus Mekeng saat dihubungi, Jumat (20/1/2023).

Baca Juga:   MK Bisa Bubarkan Parpol yang Mainkan Politik Uang

“Kedua, kan semua partai ada mekanisme dalam rekrutmen untuk menjadi gubernur dan itu harus dipenuhi,” imbuhnya.

PAN akan mendukung Gibran jika maju Pilgub 2024. Namun menyerahkan mekanisme ke tangan PDIP.

“Jika Mas Gibran telah menyatakan siap menjadi calon gubernur di Pilkada 2024, itu adalah hal yang bagus. Karena konstitusi menjamin hak politik setiap warga negara untuk memilih dan di pilih melalui mekanisme demokrasi di pemilu atau pilkada,” kata Waketum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Jumat (20/1/2023).(SW)