Jokowi – Xi Jinping Saksikan Uji Coba Kereta Cepat

JAKARTA – Setelah pembangunan skala penuhnya dimulai pada Juni 2018, proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung melakukan uji coba operasional pada Rabu ini. Uji coba ini disaksikan oleh Presiden Jokowi dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping.

Jokowi dan Xi Jinping menyaksikannya secara daring dari Nusa Dua, Bali, sebagai bagian dari agenda Pertemuan Bilateral kedua negara..

Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus digenjot pemerintah, termasuk ekosistem pendukungnya. Dalam hal ini, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ikut terlibat memiliki peran yang sangat besar.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, demi menunjang kesiapan operasional dan komersialisasi proyek, pihaknya sedang mempersiapkan skema dukungan yang melibatkan Jasa Marga untuk akses tol, InJourney, Sarinah dan Peruri terkait pengembangan retail bisnis, serta Bank Mandiri dan Telkomsel terkait digitalisasi.

Kementerian BUMN mendukung penuh percepatan operasional KCJB, yang mana proyek ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang diproyeksikan akan memberikan dampak positif tidak hanya di sektor transportasi tetapi juga perekonomian.

Baca Juga:   Presiden Tegaskan Transparansi Pengusutan Kasus Baku Tembak Polisi

“Ini momen bersejarah. Tak hanya menjadi salah satu ikon kerjasama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Tiongkok, namun juga akan makin mengintegrasikan antar moda transportasi di Jakarta dan Bandung,” kata Erick, dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (16/11/2022).

“Kami akan terus optimalkan kereta cepat pertama di tanah air ini. Nanti jika sudah terhubung antar moda LRT di Jakarta, lalu kereta cepat, dan kereta lokal di Bandung, maka kita memiliki paket integrasi antar moda terbaik di tanah air,” sambungnya.(SW)