Kader Muda Golkar Dito Ariotedjo Resmi Dilantik Menpora

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik kader muda Golkar Dito Ariotedjo menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Dito menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Pelantikan Dito digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’. Pelantikan Menpora ini berbarengan dengan pelantikan Kepala BNPT yang baru.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Menpora sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti pejabat yang dilantik.

Hadir dalam acara itu Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Untuk diketahui, Jokowi hari ini juga menyaksikan pembacaan sumpah Sunarto menjadi Wakil Ketua MA.

Baca Juga:   Surya Paloh Bakal Restui AHY, Kini Tinggal PKS

Dito Ariotedjo merupakan kader muda Partai Golkar yang kini berusia 32 tahun. Dito lahir di Jakarta, 25 September 1990.

Dilansir laman resmi Partai Golkar, Dito Ariotedjo pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Dito juga merupakan seorang pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad. Dilansir dari Antara, Dito juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Selain itu, Dito masuk jajaran tim ahli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Sebelumnya diberitakan, Dito Ariotedjo adalah salah satu nama yang diusulkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto ke Jokowi. Selain Dito, awalnya ada nama Ilham Permana dan Putri Komarudin yang diusulkan Airlangga.(SW)