Langkah Politik Lucky Hakim Dianggap Tak Etis

INDRAMAYU- Artis sekaligus politisi Lucky Hakim akhir-akhir ini menjadi sorotan publik. Langkah politiknya dinilai tak etis. Ia melayangkan surat pengunduran diri sebagai Wakil Bupati Indramayu.

Surat pengunduran Lucky Hakim sebagai Wabup Indramayu itu tersebar di jagat maya awal pekan ini. Surat itu dibuat pada 8 Februari 2023. Surat yang membuat gempar masyarakat itu dilayangkan Lucky Hakim ke DPRD Kabupaten Indramayu.

Nomor suratnya 132/335/Tapem, bersifat segera dan tertulis perihal tentang permohonan pengunduran diri dan pernyataan berhenti sebagai Wabup Indramau periode 2021-2026.

Lucky sendiri terpilih sebagai Wabup Indramayu mendampingi Nina Agustina sebagai Bupati Indramayu pada Pilkada 2020. Pasangan ini diusung tiga partai, yakni PDI Perjuangan, Gerindra, dan NasDem. Kemenangan Nina-Lucky ini terbilang fenomenal, mengalahkan dominasi Golkar yang sebelumnya berkuasa di Indramayu.

Indramayu Bermartabat adalah visi pasangan ini. Martabat, yakni bersih, religius, maju, adil, makmur dan hebat digembar-gemborkan sebagai program untuk Indramayu yang lebih baik. Faktanya, sejak 2022 lalu, hubungan Nina dan Lucky sempat jadi sorotan DPRD.

Hubungan Lucky dan Nina retak. DPRD pun sempat mengajukan hak interpelasi tentang kebijakan Pemkab Indramayu, salah satunya menyinggung ketidakharmonisan Nina dan Lucky. Hak interpelasi itu diajukan pada awal 2022.

Setelah ramai soal hak interpelasi, di penghujung 2022, hubungan Nina dan Lucky Hakim kembali memanas. Isu ini mencuat ketika Lucky Hakim bersuara soal kumpulan undangan dari DPRD dan kunci ruangan Wakil Bupati.

Melalui akun media sosial pribadinya, Lucky Hakim mengakku tak pernah mendapat undangan paripurna DPRD Indramayu selama setahun. Lucky juga mengaku tak memiliki aspri, protokoler atau apapun selayaknya pejabat.

Baca Juga:   Rakernas PAN, Jokowi ; Tolak Politik Pemecah Belah

Hubungan antara Nina dan Lucky pun memanas kembali. Lucky mengaku siap dipecat saat itu. Tak lama setelah peristiwa ini, di awal 2023, Lucky Hakim kembali menggemparkan publik melalui surat pengunduran dirinya itu. Dalam surat itu, Lucky mengakui tidak mampu mengemban amanah sebagai wakil bupati Indramayu.

“Bersama ini Saya mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wakil Bupati Indramayu periode 2021-2026 terhitung mulai tanggal ditandatanganinya surat pengunduran diri ini. Hal ini berkaitan dengan ketidakmampuan Saya mengemban amanah sebagai Wakil Bupati Indramayu,” tulisannya dalam surat paragraf pertama.

Lucky juga meminta agar pimpinan DPRD Indramayu menindaklanjuti permintaannya untuk mundur dari jabatannya sebagai wakil bupati Indramayu.

“Berkenan dengan hal tersebut di atas, Saya berharap pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu menindaklanjuti permohonan pengunduran diri dan berhenti atas permintaan sendiri ini sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan,” bunyi surat paragraf kedua.

“Saya ucapkan terimakasih atas kesempatan dan kepercayaan serta dukungan dari masyarakat Indramayu yang telah memilih Saya sebagai Wakil Bupati Indramayu. Di samping itu Saya memohon maaf apabila selama menjabat sebagai Wakil Bupati Indramayu terdapat banyak kekurangan dan kelemahan,” tulisnya di paragraf terakhir.

Sekretaris DPRD Indramayu, Ali Fikri belum bisa menindaklanjuti surat pengunduran diri tersebut. Sebab, Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim belum menyerahkan surat pernyataan pribadi yang bermaterai. Di mana, surat tersebut jadi satu syarat kepastian Lucky mundur dari jabatannya membersamai surat yang sudah Lucky layangkan sebelumnya.

Baca Juga:   PKS Lebih Fokus ke Nasdem dan Demokrat Ketimbang Golkar

“Tinggal nanti satu persyaratan pribadi di atas materai,” ujar Ali.

Berbagai kalangan menyoroti sikap Lucky Hakim, salah satunya dari akademisi. Lucky dianggap mencederai kontrak politik dengan rakyat yang harusnya diemban selama lima tahun. Lucky juga dianggap tak memiliki etika politik. Intinya catatan minor ditujukan pada Lucky.

Beberapa hari setelah suratnya membuat gempar masyarakat. Lucky pun muncul. Lagi-lagi, ia menggunakan akun media sosial pribadinya untuk mengungkapkan alasannya mundur. Dalam video berdurasi sekitar 2 menit, 15 detik yang diunggah akun @indramyuinfo di akun media sosial Instagram, Lucky Hakim dengan memakai kemeja biru sedang berada di dalam mobil.

Melalui video itu, Lucky menyampaikan singkat alasannya mundur dari jabatan Wakil Bupati Indramayu. Video yang berjudul Ekslusif Video Curhat Wakil Bupati Indramayu @luckyhakimofficial terkait surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Bupati Indramayu itu banyak mendapat respon warganet.(SW)