Membanggakan, Mahasiswa Polbangtan Kementan Raih Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Kebangsaan Nasional 2023

Mahasiswa
Para Mahasiswa Polbangtan saat meraih juara 3 lomba cerdas cermat kebangsaan pada kegiatan Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) Nasional tahun 2023. (Sumber: Humas Polbangtan)

GOWA – Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (Polbangtan Gowa) di awal Juli 2023, berhasil meraih juara 3 Lomba Cerdas Cermat kebangsaan pada kegiatan Pekan Ilmiah Perguruan Tinggi Kedinasan (PIPTK) Nasional tahun 2023.

Tiga mahasiswa Polbangtan Gowa pada lomba tersebut yaitu; Muh Fiqri Arifin, Jeny Nabila Athifa, dan Muhammad Fikri Ramadhan. Mereka berhasil meraih juara 3 Nasional cerdas cermat Kebangsaan setelah menyisihkan 64 perguruan tinggi kedinasan se-Indonesia.

Muh Fiqri Arifin dan Jeny Nabila Athifa juga merupakan duta Polbangtan Gowa saat ini, Sedangkan Muhammad Fikri Ramadhan adalah duta Polbangtan Gowa periode sebelumnya. Ketiganya merupakan mahasiswa Polbangtan Gowa Jurusan Pertanian pada Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan, orang yang berprestasi adalah sosok yang fokus pada apa yang menjadi fungsi, peranan dan tanggung jawabnya.

“Penghargaan itu sebenarnya sebuah pesan yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan,” katanya.

Senada hal itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi pada beberapa kesempatan menyatakan bahwa petani milenial adalah harapan bangsa dan negara.

Baca Juga:   Tingkatkan Partisipasi Milenial dalam Pertanian, Kementan Gelar Kuliah Umum

“Oleh sebab itu, mulai saat ini harus kita didik dan mempersiapkan serta menggenjot mental, ilmu, keterampilan dan lain-lain, agar mereka menjadi petani yang terampil, tangguh dan profesional,” jelas Dedi.

Kegiatan PIPTK adalah salah satu kompetisi di bidang akademik yang diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi kedinasan di Indonesia. Selain menjadi ajang kompetisi kemampuan akademik, kegiatan ini juga merupakan wadah untuk mempererat hubungan antar mahasiswa/taruna/praja perguruan tinggi kedinasan.

Sebelumnya, pada saat babak penyisihan perlombaan digelar secara daring, lalu kemudian babak final secara luring mulai tanggal 1-2 juli 2023 di Kampus Politeknik Siber dan Sandi Negara Bogor, Jawa Barat.

Ada banyak lomba sebenarnya yang digelar seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional, Esai, Kedinasan Periksa Fakta, Pidato, English Speech, StoryTelling, Cerdas Cermat Kebangsaan, English Debate Competition, Debat Bahasa Indonesia dan Scrabble.

Selain lomba cerdas cermat, ada cabang lain yang diikuti Mahasiswa Polbangtan Gowa yakni, lomba pidato. Adapun dari Polbangtan Gowa yang mengikuti lomba tersebut yakni Ananda fajriah Ramadhani, mahasiswa tingkat I jurusan Pertanian.

Baca Juga:   Melalui Praktik Lapangan Mahasiswa Polbangtan Kementan Belajar Antisipasi Perubahan Iklim

Ia mengikuti lomba tersebut dengan menyampaikan tema ”Kreativitas dan Inovasi Menyongsong Indonesia Emas 2045. Namun setelah melaju ke babak berikutnya Ananda hanya puas di posisi 10 besar saja.

Prestasi akademik yang diraih mahasiswa Polbangtan Gowa, menjadi kebanggaan tersendiri bagi kampus vokasi yang berlokasi di Kabupaten Gowa tersebut. Kampus yang memiliki visi menjadi Polbangtan unggul dalam menyiapkan SDM Pertanian yang maju, mandiri dan modern tersebut telah menunjukkan kiprahnya di kancah nasional bersaing dengan kampus besar nasional di Indonesia.