Pameran Kendaraan Listrik Target Rp400 M Nilai Transaksi

JAKARTA – Di tengah lesunya penjualan mobil domestik, pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2024 ditargetkan mampu mencetak nilai transaksi hingga Rp400 miliar atau bahkan lebih.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo menunjukkan, penjualan mobil secara wholesales mencapai 215.069 unit pada Januari-Maret 2024 atau kuartal I/2024, turun 23,9% year-on-year (yoy). dari 282.601 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara untuk penjualan secara retail mencapai 230.778 unit pada kuartal I/2024, turun 15% yoy dari 271.423 pada kuartal I/2023.

Ketua Umum Periklindo Moeldoko mengatakan, kehadiran pameran ini akan memperluas edukasi terkait kendaraan listrik sekaligus mempersempit jarak antara pemahaman masyarakat teknologi tersebut.

“Dari sisi transaksi harapan kita transaksi yang terjadi pada tahun ini target kita Rp400 miliar itu minimum, dan mungkin akan lebih. Saya pastikan akan lebih,” katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (22/4/2024).

Gelaran PEVS 2024 akan dihadiri sekitar 82 merek mulai dari mobil listrik, motor listrik, hingga aftermarket. Sosok yang menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan itu juga berharap pameran ini menjadi hub bagi semua pemangku kepentingan untuk komunikasi, dan kolaborasi.

Baca Juga:   Kemenkes Pertimbangkan Hapus PPKM di Tahun 2023

Selain itu, dia mengatakan, seluruh anggota dari Periklindo akan turut meramaikan PEVS 2024, di antaranya ABC Lithium, Birubatt, Keeway, Neta, Seres, Wuling, dan lainnya.

Kemudian, ada beberapa merek mobil listrik lainnya, seperti BMW, BYD, Chery, Hyundai, dan Morris Garage. Prestige Motors selaku importir umum mobil listrik juga akan turut serta dalam pameran ini.

Selanjutnya, ada juga beberapa merek motor listrik yang ikut berpartisipasi, yakni Astra Honda Motor (AHM), Gesits, Rakata, ZPT, dan Volta.

“Kami mendatangkan berbagai merek, spare part, hingga pemain sektor EV untuk berkumpul di PEVS 2024 dalam rangka mempromosikan, edukasi, dan bertransaksi,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Dyandra Promosindo Daswar Marpaung mengatakan, pada pameran PEVS 2023 lalu sebanyak 30.800 pengunjung telah hadir dengan nilai transaksi mencapai Rp375 miliar.

“[PEVS] ini menjadi ajang edukasi pelaku kendaraan listrik untuk saling mendukung,” katanya.(SW)