PAN: Golkar Belum Tentukan Sikap, Semoga KIB Satu Suara

KESIAPAN RAKERNAS PAN: Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (tengahi) didampingi Ketua DPP PAN Yandri Susanto (kiri), dan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi (kanan) memberikan keterangan kepada wartrwan pada jumpa pers di DPP PAN, Jakarta, Jumat (20/5). Jumpa pers ini selain membicarakan persiapan Rakernas PAN yang akan dilaksanakan pada 28 samapai 30 Mei, juga membicarakan isu dan permasalahan yang dihadapi bangsa, diantaranya kasus-kasus kekerasan sexsual terhadap anak dan perempuan.

JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bicara kemungkinan partai politik (parpol) kuning akan mendukung bakal calon presiden (Capres) Ganjar Pranowo. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menyebut jika parpol ‘Kuning’ yang dimaksud adalah Golkar, maka akan tambah kekuatan.

“Jika Golkar akan bergabung bersama PPP dan PDIP tentu akan menambah kekuatan politik dari Mas Ganjar Pranowo untuk memperbesar basis konstituen. Karena hal itu akan meningkatkan potensi kemenangan di pilpres 2024,” kata Viva Yoga, saat dihubungi, Kamis (18/5/2023).

“Tetapi kan Golkar belum mengumumkan secara resmi untuk menentukan koalisi di pilpres. Hal itu sama juga dengan PAN,” ucapnya.

Namun Viva Yoga berharap agar KIB tetap satu suara soal Capres. Diketahui, KIB beranggotakan Golkar, PPP, dan PAN.

“Kalau boleh berharap, PAN tetap menginginkan bahwa KIB akan selalu bersama, dalam suka dan duka, menjalin hubungan dalam ikatan cinta politik,” katanya.

Viva Yoga menyebut dalam beberapa pekan ke depan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) akan secara resmi mengumumkan sikap PAN di Pilpres 2024.

“Untuk itu, ditunggu ya kabar selanjutnya dari Ketua Umum PAN Bang Zulkifli Hasan yang telah diberikan mandat oleh Rakernas PAN tahun 2020 untuk menentukan langkah strategis dalam penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Waktunya dalam beberapa pekan ke depan,” ucapnya.

Baca Juga:   Angkasa Pura I Catat Rekor Penumpang 186 Juta Selama Lebaran, Pemulihan Sektor Penerbangan Indonesia

Sebelumnya, Puan Maharani mengatakan setiap partai politik tengah berkomunikasi satu sama lain menuju Pemilu 2024. Termasuk PDI Perjuangan yang buka pintu terhadap partai lain jika ingin mendukung bakal calon presidennya Ganjar Pranowo.

“Ya sekarang dinamika di lapangan masih sama-sama jalani masing-masing, di Gerindra masih juga silaturahmi dan berkomunikasi ke mana, NasDem, Golkar, semuanya partai politik keadaan saat ini masih menjajaki untuk bisa bersama-sama menuju tahun 2024,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2023).

Puan lantas ditanyai apakah ada strategi dari PDIP untuk menggaet partai lain terkait pemenangan Ganjar Pranowo. Ketua Harian DPP Gerindra Dasco yang berada di samping Puan berceletuk jika saat ini Puan tengah mengenakan kemeja berwarna kuning.

“Sudah pakai baju kuning,” tutur Dasco yang disambut gelak tawa oleh Puan, Lodewijk hingga Rachmat Gobel yang berada di dekatnya.

“Itu tanda-tanda,” timpal Puan.

Puan kemudian ditanya kembali soal kemungkinan partai kuning seperti Golkar, Gerindra serta Hanura yang bergabung, ia menjawab semua partai terbuka. Untuk diketahui, Puan sendiri telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Ganjar Pranowo untuk 2024.

Baca Juga:   Megawati Bertemu Jokowi di Batutulis Bicara Krisis Pangan

“Bisa semuanya, itulah namanya strategi kan rahasia nggak boleh dikasih tahu. Seperti Pak Dasco bilang ini hari ini kuning,” tutur Puan sambil tertawa.

“Bisa saja gabung, tidak menutup kemungkinan bergabungnya semua partai menjadi satu kekuatan kerja sama yang nantinya bersama, sekarang kita sudah sepakat, saya meyakini semua partai bersepakat bahwa kontestasi 2024 itu harus dijalankan secara baik, benar, gembira dan bermanfaat bagi Indonesia,” lanjutnya.(SW)