Breaking News
Iklan
Iklan

Presiden Jokowi Membuka Peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia

SENIN, 4 Januari 2021 kemarin, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) membuka serentak secara virtual peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia, dari Istana Negara, Jakarta.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis bantuan yang diluncurkan yaitu, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Program Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

“Tahun 2021 ini, penyaluran bantuan sosial akan terus kita lanjutkan. Bantuan ini kita mulai hari ini, disalurkan kepada 34 provinsi,” terangnya.

Lanjutnya, penyaluran dilakukan dalam empat tahap yaitu bulan Januari, April, Juli, dan Oktober melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

“Sasaran BPNT/Kartu Sembako target pertama adalah 18,8 juta keluarga, masing-masing mendapatkan Rp200 ribu setiap bulannya, dengan target anggaran sebesar Rp42,5 triliun. Penyaluran juga dilakukan oleh bank Himbara,” kata Jokowi.

Ditambahkannya, adapun BST menyasar 10 juta keluarga, masing-masing mendapatkan Rp300 ribu selama empat bulan, dari bulan Januari sampai April.

“Bantuan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Total anggaran untuk program ini adalah Rp12 triliun,” jelasnya. (**)

Baca Juga:   Vaksin Cacar Masih Efektif Cegah Orang Tertular Cacar Monyet