Sempat Digadang Jadi Cagub Jabar, Iwan Bule Gabung ke Gerindra

JAKARTA – Sempat digadang jadi cagub Jabar, Iwan Bule gabung ke Gerindra. Kabar mengejutkan datang dari Partai Gerindra. Eks Ketum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule bergabung di partai yang dipimpin Prabowo Subianto, dan langsung menggantikan posisi yang ditinggalkan Sandiaga Uno. Prabowo melantik Iwan Bule sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Kabar ini diketahui dari Instagarm Story purnawirawan polisi tersebut. Di akun @mochamadiriawan84, mantan Sekretaris Utama Lemhanans itu membagikan 3 momen dirinya mengggunakan kemeja putih di kediaman Prabowo Subianto.

Pada Kamis (27/4/2023), Iwan Bule hadir di acara Rapat Koordinasi Partai Gerindra. Dia mengenakan kemeja putih dan celana krem, mirip seragam partai Gerindra. Bedanya hanya model kemeja yang dipakai tidak sama dengan yang biasa dipakai kader, alias tidak terlihat 4 kantong di kemeja.

Story kedua dan ketiga memperlihatkan video suasana rapat koordinasi partai Gerindra, di mana ada layar besar bertuliskan agenda rapat tersebut. Yakni ‘Rapat Koordinasi Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasehat, Ketua DPD, DPR-RI, dan Ketua Sayap Partai’.

Kabar terkait Iwan Bule gabung ke Partai Gerindra akhirnya terkonfirmasi lewat politikus Gerindra, Kamrussamad. Kamrussamad kemudian menggambarkan keluarnya Sandi dari Gerindra, dan masuknya Iwan Bule bak peribahasa ‘mati satu tumbuh seribu’.

“Esa hilang tumbuh seribu, tunas-tunas bangsa terus memberikan perhatian terhadap cita-cita perjuangan. Iwan Bule akan memperkuat barisan Perjuangan Partai Gerindra dalam menghadapi Pemilu 2024,” ungkap Kamrussamad.

Baca Juga:   Sudirman Said Jadi Alasan Partai Buruh Tak Dukung Anies

Prabowo Subianto pun akhirnya mengumumkan bergabungnya Iwan Bule secara resmi, melalui konferensi pers di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, kemarin. Prabowo sendiri telah melantik Iwan Bule untuk mengisi kekosongan jabatan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, yang ditinggalkan Sandi.

“Pada kesempatan ini kita dapat kehormatan bergabungnya tokoh-tokoh nasional, tokoh-tokoh bangsa yaitu sebagaimana saudara ketahui, baru saja bapak Mochamad Iriawan dan bapak Mawardi Yahya yang menjabat Wakil Gubernur Sumatera Selatan resmi tadi kita terima sebagai anggota partai Gerindra,” kata Prabowo.

Prabowo sempat menyinggung perihal kehadiran Iwan Bule menggantikan pihak yang telah pindah partai. Namun dia tidak menyebut nama Sandi.

“Dan tadi kita lantik Pak Mochamad Iriawan sebagai wakil ketua dewan pembina mengisi lowongan yang ada yaitu ada. Beberapa lowongan ada yang meninggal, dan yang pindah partai. Mungkin saudara paham yang barusan pindah partai. Kemudian Pak Mawardi kita terima sebagai anggota dewan pembina,” ujar Prabowo.

Iwan Bule sendiri sempat digadang untuk maju di pilgub Jawa Barat. Ahmad Dhani sempat keceplosan mengatakan Calon Gubernur Jawa Barat saat ia dan once dipertemukan Iwan Bule di kantor kemenkumham. Saat itu para pencipta lagu dan penyanyi, termasuk once berkunjung ke kantor Kemenkumham terkait masalah royalti.

Baca Juga:   Di Hadapan Relawan, Anies Singgung Mafia di Indonesia

Sementara itu sebelumnya diberitakan, Sandiaga Uno resmi pamit dari partai berlambang Burung Garuda tersebut. Sandiaga mengaku keputusannya ini sangat berat.

“Teman-teman sabar. Saya ingin semuanya nyaman, prosesnya alamiah. Ini baru saja belum seminggu saya pisah dengan Partai Gerindra dan ini keputusan yang sangat berat, tapi saya ingin bahwa prosesnya ini semuanya nyaman dalam tidak terburu-buru dan menampung semua aspirasi,” ujar Sandiaga.

Mantan Wagub DKI itu tidak ingin terburu-buru dalam memutuskan langkah politik selanjutnya. Dia akan mendengar masukan dari sejumlah pihak, terutama pada kiai.

“Terutama dari aspirasi masyarakat dan para tokoh-tokoh, ulama-ulama, kiai-kiai yang harus saya tampung dan saya dengar untuk kita wujudkan sebagai harapan langkah-langkah ke depan,” ujar Sandiaga.(SW)