Heru Budi, Sosok Pengganti Anies Jabat Gubernur DKI Orang Lama di Lingkungan DKI

JAKARTA – Heru Budi, sosok pengganti Anies jabat Gubernur DKI merupakan orang lama di lingkungan pemerintahan DKI Jakarta. Ia sudah menjabat beberapa posisi di DKI Jakarta.

Heru Budi Hartono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta setelah Anies Baswedan habis masa jabatannya. Ia akan menjabat hingga Pilkada DKI Jakarta digelar dan terpilih Gubernur DKI yang baru.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap alasan menunjuk Heru Budi Hartono menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta. Jokowi mengaku sudah mengenal lama sosok Heru.

“Saya kan sudah kenal Pak Heru lama sekali, sejak jadi apa Wali Kota di DKI, kemudian waktu memegang badan keuangan,” kata Jokowi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Jokowi mengatakan rekam jejak Heru sudah teruji. Selain itu, komunikasi Heru dengan berbagai elemen dinilai baik.

“Saya tahu betul rekam jejak secara bekerja, kapasitas, kemampuan saya tahu semuanya dan komunikasinya sangat baik dengan siapa pun sehingga kita harapkan nanti ada percepatan, percepatan,” ujar Jokowi.

Baca Juga:   Kapolri: Perayaan Malam Natal 2019 Berjalan Aman di Seluruh Indonesia

Heru ditetapkan sebagai Pj Gubernur DKI berdasarkan hasil Sidang Tim Penilai Akhir (TPA). Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Heru Budi Hartono bukan nama baru di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Dikutip dari lama Jakarta.go.id, Heru pernah menjabat Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (Kabiro KDH dan KLN) serta Kepala Bagian Prasarana dan Sarana Perkotaan Kota Jakarta Utara. Heru juga pernah menjabat Wali Kota Jakarta Utara semasa Jokowi masih menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Heru juga pernah mengisi jabatan di Pemprov DKI di era Gubernur Basuki T Purnama (Ahok). Heru saat itu ditunjuk menjadi Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) dan dipercaya Ahok mengurusi normalisasi Waduk Pluit.(SW)