running text
2 KKB Papua Tewas Kontak Tembak dengan TNI - Starlink Merambah Indonesia, Operator Seluler Lain Terancam - Pimpinan redaksi dan manajemen Kabarfaktual.com mengucapkan: Selamat Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024. Baca berita di Kabarfaktual.com, informasi akurat dan terpercaya. Temukan berita-berita melalui akun sosial media Kabarfaktual.com.

Inilah Investor Yang Sudah Masuk Ke IKN

JAKARTA- Investor IKN (Ibu Kota Nusantara) menjadi perbincangan hangat antara Gibran dan Mahfud MD dalam debat Cawapres Pemilu 2024, Jumat, 22 Desember 2023.

Mahfud MD, cawapres nomor urut 3, menyampaikan belum ada investor yang masuk ke IKN selama ini. “Sejauh ini belum ada investor yang belum masuk. Sebutkan dua atau satu investor mana yang masuk?” Mahfud MD, cawapres nomor urut 3.

Menurut Mahfud, banyak tanah yang justru sudah dikuasai pihak pengusaha. Selain itu, masih menurut klaim Mahfud, dana pembangunan IKN juga berasal dari APBN.

Di lain sisi, Gibran Rakabuming Raka, cawapres nomor urut 2, meminta kepada Mahfud MD untuk mencari lewat Google terkait investor yang telah masuk ke IKN. Ia memberikan contoh yang sudah masuk adalah Mayapada dan Agung Sedayu. “Untuk menanggapi Prof Mahfud, Prof mungkin nanti setelah pulang dari debat bisa di-Google sudah banyak yang masuk, Mayapada, Agung Sedayu dan nanti akan tambah lagi mungkin setelah Pilpres. Karena mereka wait and see,” kilah Gibran.

Pemerintah mengklaim sudah ada beberapa investor yang melirik beberapa proyek di IKN. Tidak hanya dari dalam negeri, mereka juga ada yang berasal dari luar negeri. Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) selama ini sudah melakukan groundbreaking tahap 1, 2, dan 3. Total angka investasinya sebesar Rp41,4 triliun.

Baca Juga:   Pihak BCA Umumkan MBanking BCA Sudah Normal Kembali

Selama groundbreaking tahap 1 pada 21-22 September 2023, nilai investasi di IKN mencapai Rp23 triliun. Mereka melibatkan sederet perusahaan dari dalam negeri. Dikuti dari Antara News daftar perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Nusantara itu meliputi: Agung Sedayu Group (Lead Konsorsium) Salim Group Sinar Mas Pulau Intan Djarum Wings Group Adaro Group
Barito Pacific Mulia Group Astra Group

Groundbreaking tahap 2 kemudian diselenggarakan pada 1-2 November 2023. Nilai investasinya adalah Rp13,1 triliun. Beberapa pihak yang terlibat dalam proyek ini ialah seperti berikut: Mayapada Hospital Pakuwon Group JIS Hermina Bank Indonesia BPJS Ketenagakerjaan PLN Indonesia Tak hanya itu, selama proses tersebut, mereka juga melakukan revitalisasi terhadap SDN 020 Sepaku.

Sementara groundbreaking tahap 3 dilakukan pada 20 Desember 2023. Pembangunannya meliputi Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN) dan Nusantara Superblock. Nilai investasi Nusantara Superblock senilai Rp3 triliun.

Beberapa investor asal Balikpapan, Kalimantan Timur, turun berperan di dalamnya. Paling aktual, The Pakubuwono juga turut membangun apartemen di IKN. Groundbreaking sudah dilakukan pada Kamis, 21 Desember 2023. Pembangunan 2 tower apartemen monumental itu memiliki investasi Rp1 triliun dan diklaim sebagai hunian dengan standar internasional dan ramah lingkungan.

Baca Juga:   Perkuat Kualitas Pertanian Dalam Negeri, BPPSDMP Dukung Program Utama Kementan

Sementara investor asing berasal dari 4 negara, yakni Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Malaysia. Mereka disebut sudah mengirimkan Letter of Intention (LOI). OIKN mencatat setidaknya terdapat total 330 LOI yang telah masuk. 55 persen adalah investor lokal yang ikut membangun pada sumbu kebangsaan IKN.(SW)