Jokowi, Sandi dan Erick Bakal Hadir di Gebyar Bulan Bung Karno

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno ( BBK ) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) esok hari. Selain Jokowi, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dikonfirmasi menghadiri kegiatan tersebut. Termasuk juga Erick Thohir.

“Ada beberapa ketua umum yang memang diundang dan di luar itu juga Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju sudah menyatakan berkenan hadir,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui di Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

Hasto sudah menghadap Jokowi untuk menyampaikan kegiatan puncak peringatan Bulan Bung Karno di GBK. Jokowi bakal memberikan sambutan dalam acara itu.

“Pak Presiden Jokowi sebagai kader partai, kan, melekat. Senapas dengan seluruh gerak kepartaian. Karena itulah beberapa hari lalu saya menghadap Presiden Jokowi dan menyampaikan terkait acara ini, persiapan dari acara ini sudah kami laporkan ke Presiden Jokowi dan beliau akan hadir dan berkenan memberikan sambutan di dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno,” ujar Hasto.

Hasto menyampaikan PDIP masih menunggu konfirmasi kehadiran sejumlah ketua umum partai politik dalam perayaan hari ulang tahun Bung Karno itu. Nantinya, dirinya akan melaporkan daftar tamu undangan yang dikonfirmasi hadir kepada Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Sore ini saya melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri bahwa seluruh ketua umum siapa saja yang akan datang itu masih dilakukan konfirmasi sehingga besok pagi akan kami sampaikan setelah ada konfirmasi secara lengkap,” ujarnya.

Baca Juga:   Menkumham Ogah Tanggapi Pernyataan Ganjar, Nilai 5 Penegakan Hukum

Kader PDIP dari Berbagai Daerah Hadir
Hasto mengatakan nantinya para kader PDIP dari berbagai daerah di RI bakal memadati Stadion Utama GBK sejak pukul 10.00 WIB esok hari. Tak hanya itu, acara hari ini turut dihadiri oleh artis Tanah Air, salah satunya musisi Once Mekel.

“Dari spirit yang ditunjukkan teman-teman daerah, mereka akan berdatangan mulai jam 10.00 WIB pagi dan kemudian ada acara-acara hiburan dari seniman Nusantara PDI Perjuangan, dan juga beberapa artis yang bergabung, seperti Once besok akan memberikan berbagai kontribusinya dan kemudian diharapkan jam 1 itu seluruh peserta sudah siap untuk mengikuti protokol partai,” terangnya.

Sejumlah rangkaian acara pun disiapkan sedemikian rupa, mulai penampilan satgas Partai hingga tari pembuka. Prinsipnya, tamu-tamu yang hadir bakal mencerminkan semangat PDIP membangun gotong royong tingkat nasional.

“Kemudian ditampilkan satgas Partai, tari pembuka, dan seluruh protokol partai akan ditampilkan dan diharapkan dapat efektif dilakukan pada jam 13.30 WIB,” ucapnya.

“Bahkan para relawan yang mendukung Pak Ganjar, relawan Pak Jokowi itu kami undang dan pimpinan-pimpinannya sudah menyatakan untuk hadir dan jumlahnya fantastis,” sambungnya.

PDIP juga mengundang sejumlah tokoh nasional hingga politikus dalam puncak acara Bulan Bung Karno yang digelar di Stadion Utama GBK besok, salah satunya Sandiaga Uno. PDIP menegaskan Sandiaga diundang bukan dalam kapasitas bacawapres Ganjar Pranowo.

“Jadi kami mengundang bukan dalam kapasitas sebagai bakal calon wakil presiden,” kata Hasto Kristiyanto.

Selain Sandiaga, Hasto juga mengaku memberi undangan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Beberapa di antaranya mengaku berhalangan hadir secara langsung dan berjanji bakal hadir secara virtual.

Baca Juga:   Akibat Dukung Prabowo, Wakil Majelis Pertimbangan PPP Dicopot

“Kami undang ada menteri-menter dari kabinet Indonesia maju, ada beberapa menteri itu yang berhalangan hadir meskipun kami undang, tetapi mereka akan mengikuti acara secara daring,” jelasnya.

Hasto menyampaikan, para tamu undangan yang hadir menunjukkan persahabatan PDIP dalam membangun gotong-royong tingkat nasional. Tak hanya itu, puluhan figur bakal cawapres yang sebelumnya diungkap juga diundang menghadiri acara ini.

“Ada figur-figur baru yang juga sudah muncul dan sepuluh nama yang disampaikan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri itu terus menerus dicermati, dilihat, dipertimbangkan mana yang paling cocok untuk mendampingi Pak Ganjar Pranowo. Jadi kehadiran ini kan bukan hanya hadir secara fisik, karena acara ini kan juga disiarkan secara langsung melalui sosial media, melalui media mainstream, sehingga banyak juga yang akan hadir secara daring,” terangnya.

“Sehingga kehadiran jangan hanya dilihat secara fisik, tetapi yang disampaikan Mbak Puan itu betul, bahwa bakal calon wapres itu memang menunjukkan spirit yang sama dengan yang dilakukan oleh PDI-Perjuangan untuk menggelorakan kembali ide, gagasan, dan pemikiran dari Bung Karno,” sambungnya.(SW)