Kader PAN dan PPP Daerah Usung Ganjar, KIB Dilema

JAKARTA – Kader PAN dan PPP daerah usung Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) jadi dilema. Peluang Ganjar memang lebih besar ketimbang Airlangga Hartarto yang diusung Partai Golkar.

Dari jajaran DPP PAN dan PPP sendiri rasa-rasanya membuka diri untuk Ganjar sesuai keinginan kader PAN dan PPP. Namun keduanya masih malu-malu dan menunggu sikap Golkar. Sebab di KIB Golkar lebih dominan dengan suara jauh lebih besar dari PAN dan PPP.

Di sisi lain, PAN menyambut pernyataan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang siap maju capres di Pilpres 2024. Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto menyampaikan Ganjar memiliki peluang besar untuk diusung sebagai capres seperti keinginan Kader PAN di daerah.

Yandri mulanya mengungkit pergelaran pemilu raya di kalangan internal PAN. Yandri mengatakan Ganjar menjadi salah satu nama yang muncul untuk didukung sebagai capres 2024.

“Ya kalau dari pemilu raya itu (tertinggi) Bang Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan). Yang kedua tentu kalau dari cluster menteri cuma Pak Erick Thohir yang muncul. Kalau cluster kepala daerah ya ada Ganjar, Anies, Khofifah, RK, yang muncul bagian dari dinamika pemilu raya PAN kemarin,” kata Yandri kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/10/2022).

Yandri menyinggung munculnya deklarasi dukungan dari daerah-daerah dan cabang PAN. Diketahui, di sejumlah daerah, jajaran dewan pimpinan daerah (DPD) dan dewan pimpinan cabang (DPC) PPP, parpol sekoalisi PAN di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), juga mendeklarasikan dukungan ke Ganjar.

“Dan sekarang kan banyak yang deklarasi Ganjar malah kan, ya itu bagian dari dinamika politik daerah ya. Kita hargai kita respons dengan baik. Tapi itu apakah itu secara resmi akan kita bawa ke KPU untuk kita daftarkan sebagai capres, ya itu perlu ada komunikasi dengan parpol lain,” katanya.

Baca Juga:   Hadi Tjahjanto Dikabarkan Bakal Dilantik Jadi Menko Polhukam Besok

Atas munculnya dukungan-dukungan tersebut, Yandri mengatakan besar peluang Ganjar untuk diusung pihaknya. Namun dia masih terus akan mengikuti komunikasi dari tiap parpol di KIB terkait pencapresan ini.

“Ya ada kemungkinan besar Ganjar bisa diusung nanti. Tapi kan perlu ada pematangan yang lebih intensif dan komprehensif kan, karena sekali lagi, PAN sama PPP aja nggak cukup. Terus siapa cawapres nya kan belum tahu,” kata dia.

Senada, Waketum PAN Viva Yoga mengapresiasi kesiapan Ganjar berlaga di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, langkah Ganjar bakal memunculkan banyak pilihan figur bagi masyarakat dalam menentukan pemimpin nasional kelak.

“PAN mengapresiasi atas kesediaan Mas Ganjar Pranowo maju sebagai calon presiden 2024. Hal ini akan mewarnai mozaik pilpres, semakin banyak calon akan semakin banyak alternatif pilihan masyarakat dalam menentukan pimpinan nasional,” kata Viva kepada wartawan, Rabu (19/10/2022).

Viva mengatakan munculnya nama Ganjar di Rakernas PAN merupakan penjaringan suara dari jajaran bawah yakni dilakukan pengurus di tingkat daerah dan provinsi. Setelah itu, lanjutnya, PAN bakal menggelar rapimnas untuk menentukan sosok capres yang diusung dan diusulkan ke KIB.

“Mas Ganjar adalah salah satu figur yang diusulkan menjadi calon presiden di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN tahun 2022. Proses pencalonan Mas Ganjar mulai dari bawah, berdasarkan penjaringan aspirasi yang dilakukan pengurus di tingkat daerah dan provinsi. Lalu diputuskan di Rakernas,” kata Viva.

Baca Juga:   Prabowo Gibran Digital Team (Pride) Bekasi Berbagi Takjil

“Setelah ini PAN akan menyelenggarakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk membahas siapa yang akan diusulkan ke KIB,” sambungnya.

Saat ini, Viva menekankan tiap parpol di KIB memprioritaskan sosok yang dicalonkan berasal dari kalangan internal. Mereka adalah para ketum parpol masing-masing.

“KIB memprioritaskan calon dari internal sendiri. Di PAN ada Bang Zulkifli Hasan, di Golkar ada Pak Airlangga Hartarto, dan di PPP ada Pak Mardiono,” katanya.

Namun, Viva mengatakan KIB juga tetap memonitor sosok dari eksternal parpol. “KIB juga memonitor figur dari luar KIB. Nanti kita lihat bagaimana dinamika politik selanjutnya,” lanjutnya.

Ganjar Pranowo baru-baru ini melontarkan pernyataan soal kesiapannya maju capres di Pilpres 2024. Ganjar berkode siap mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara.

“Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap,” kata Ganjar dikutip, Selasa (18/10).

Ganjar mengatakan semua anggota partai harus siap jika memang diusung menjadi presiden. Menurut Ganjar, setiap partai pasti memilih anak-anak bangsa terbaik yang bisa memimpin Indonesia ke depan.(SW)