Kemenkes Pertimbangkan Hapus PPKM di Tahun 2023

JAKARTA: Kementerian Kesehatan ( Kemenkes ) menyebut wacana pemberhentian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) pada akhir tahun tengah dikaji dengan para epidemiolog dan ahli kesehatan masyarakat. Kajian itu membahas upaya menyiapkan masyarakat dan fasilitas kesehatan (faskes).

“Masih jadi pembahasan para ahli epi (epidemiologi) dan kesehatan masyarakat untuk menyiapkan masyarakat dan faskes,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada wartawan, Minggu (25/12/2022).

“Surveilens kasus dan genomik diperkuat dan kesadaran masyarakat untuk tes,” tambahnya.

Sebelumnya, Kemenkes mengatakan saat ini wacana pemberhentian PPKM tengah dikaji. Pengkajian sendiri melibatkan sejumlah ahli epidemiologi. Saat ditanya kapan kajian itu rampung, Siti meminta seluruh pihak menunggu.

“Masih dikaji oleh para ahli epidemiologi,” kata Siti Nadia.

Diketahui sebelumnya, Jokowi masih menunggu kajian terkait penghentian PPKM pada akhir tahun. Jokowi menargetkan kajian itu selesai pekan ini.

“Jadi kembali ke PSBB, PPKM, itu masih saya masih menunggu seluruh kajian dan kalkulasi dari pak Menko maupun dari Kementerian Kesehatan dan saya kemarin memberikan target minggu ini harusnya kajian dan kalkulasi itu sudah sampai ke meja saya,” kata Jokowi.

Baca Juga:   Kemendikbud Bantah Lepas Tangan Soal PPDB

Setelah itu, Jokowi akan mengeluarkan keputusan presiden (keppres) tentang penghentian PPKM. Dia berharap keppres itu terbit akhir tahun ini.

“Sehingga bisa saya siapkan nanti keputusan presiden mengenai penghentian PSBB-PPKM. kita harapkan segera sudah saya dapatkan dalam minggu-minggu ini,” ujar Jokowi.(SW)