Timnas Indonesia yang Selalu Gagal, Keok di Kandang Vietnam

HANOI – Timnas Indonesia masih belum bisa masuk jajaran elite di Piala AFF. Timnas kandas di semifinal dikalahkan Vietnam 0-2. Tim Garuda melanjutkan puasa gelar dan masih belum mampu jadi raja Asia Tenggara.

Indonesia dipastikan kembali gagal menjuarai Piala AFF usai kalah dari Vietnam, Senin (9/1/2023) malam WIB.

Dalam partai leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di My Dinh National Stadium itu, tim besutan Shin Tae-yong takluk 0-2 akibat dua gol Nguyen Tien Linh.

Itu berarti Indonesia kalah dengan agregat yang sama, karena hanya berimbang 0-0 pada leg pertama di Jakarta. Kekalahan ini menandai berlanjutnya puasa trofi di Piala AFF buat Indonesia.

Sejak digelar pada 1996 silam, Indonesia belum sekalipun juara. Prestasi terbaik tim Merah-Putih adalah enam kali jadi runner-up, tapi sesering apapun finis di posisi tersebut tetap tak ada trofi untuk posisi dua.

Indonesia masih belum bisa menyejajarkan diri dengan para elite seperti Thailand, Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Hanya empat negara ini yang sudah menjuarai Piala AFF.

Baca Juga:   CSA Kementan Terbukti Tingkatkan Produktivitas Pertanian Di Tengah El Nino Melanda Indonesia

Thailand menjadi pemilik gelar terbanyak yakni enam kali, disusul Singapura dengan empat titel, lalu Vietnam (2), dan Malaysia (1). Indonesia mau tak mau masih berada di lingkaran tim-tim seperti Filipina, Kamboja, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, hingga Timor Leste yang sama-sama belum juara di kancah Asia Tenggara.

Payahnya prestasi Indonesia di Asia Tenggara juga dikonfirmasi dari catatan di SEA Games. Sejak terakhir kali meraih emas pada 1991 silam, Indonesia belum pernah lagi juara.

Shin Tae-yong juga sempat mengeluh selama turnamen karena para pemain menyerang buang-buang peluang.

Keluhan pria asal Korea Selatan itu sudah ada sejak Indonesia cuma menang 2-1 atas Kamboja di matchday pertama fase grup. Shin Tae-yong marah karena cuma menang 2-1.

Indonesia juga tak mampu menang besar saat melawan Filipina di matchday fase grup terakhir Piala AFF 2022. Kemenangan 2-1 itu cuma membuat Indonesia ke semifinal dengan status runner-up sehingga harus bertemu Vietnam.

Indonesia sejatinya punya banyak peluang juga di laga melawan Filipina. Ada pula keegoisan Ricky Kambuaya, yang membuat Indonesia gagal mencetak gol.

Baca Juga:   Wiranto Makin Kuat Merapat ke PAN

Hasil Indonesia di Piala AFF

1996: Posisi 4
1998: Posisi 3
2000: Runner-up
2002: Runner-up
2004: Runner-up
2007: Fase Grup
2008: Semifinal
2010: Runner-up
2012: Fase Grup
2014: Fase Grup
2016: Runner-up
2018: Fase Grup
2022: Semifinal.(SW)