Anies Baswedan Bergerak, Silaturahmi Bertemu AHY

JAKARTA – Anies Baswedan bergerak cepat untuk bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Anies seakan ingin menjembatani kebekuan Partai Demokreat dengan Partai Nasdem.

Mantan Mendikbud itu resmi menjadi Capres Nasdem di Pilpres 2024. Meski ada sedikit gejolak di internal Nasdem, namun Surya Paloh jalan terus mencalonkan Anies.

Anies Baswedan bertemu AHY, keduanya pun menyampaikan pernyataan tentang kesamaan visi-misi di antara mereka.

Awalnya, AHY berharap kunjungan Gubernur DKI Anies Baswedan dapat mempererat hubungan dengan keluarga besar PD. AHY menyinggung Anies pernah mengikuti konvensi calon presiden (capres) PD pada 2013-2014 silam.

“Secara pribadi saya juga menyampaikan bahwa semoga kedatangan Mas Anies ini juga semakin mendekatkan beliau, saya tadi mengatakan semakin dekat dengan keluarga besar Partai Demokrat. Beliau sendiri adalah salah satu peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat di tahun 2013 -2014 yang lalu,” kata AHY dalam konferensi pers di kantor PD, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022).

AHY mengatakan persahabatannya dengan Anies sudah terjalin cukup lama. Dia juga menceritakan kilas balik persahabatannya semasa masih menjadi prajurit TNI dan Anies masih sebagai akademisi.

Baca Juga:   KPU Beri Santunan Rp 36 Juta Buat Petugas KPPS yang Meninggal Dunia

Setelah itu, Anies dan AHY dipertemukan lagi dalam Pilgub DKI 2017. AHY mengatakan kontestasi demokrasi itu tak menyurutkan kedekatan hubungan mereka.

“Itulah indahnya persahabatan kami, tidak retak sedikit pun akibat sebuah kompetisi. Bahkan sebaliknya setelah Pilgub berakhir kami justru semakin dekat dalam membangun visi dan misi bangsa ke depan,” ujar AHY.

Sementara itu, Anies memuji sambutan hangat Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan kader partai berlogo mercy atas kedatangannya. Menurut calon presiden dari NasDem itu, sambutan tersebut menunjukkan kesiapan untuk berjalan bersama.

“Saya merasa sangat terhormat ketika kita merencanakan sebuah silaturahmi kita akan berdiskusi. Saya membayangkan kita bisa jalan bersama,” kata Anies.(SW)