Anwar Iskandar Terpilih Jadi Ketum MUI

JAKARTA – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan Anwar Iskandar telah sah menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang baru. Hal tersebut dilakukan usai Wapres yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini menghadiri rapat paripurna MUI di Jakarta.

“Setelah dilakukan proses yang cukup panjang, sesuai dengan aturan yang berlaku maka dipilih atau juga sebagai pengganti dari Kiai Miftachul Akhyar, yaitu Kiai Anwar Iskandar ya, dan sekarang melalui penetapan sidang paripurna Kiai Anwar Iskandar sah menjadi ketum MUI yang baru,” kata Ma’ruf Amin dalam konferensi pers di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/11/2023).

Ma’ruf mengatakan penetapan Anwar Iskandar menjadi penting lantaran MUI memiliki sejumlah tugas. Dia berharap pekerjaan MUI bisa optimal setelah pemimpin tertingginya sah mengemban tugas.

“Ini menjadi penting, karena MUI punya banyak pekerjaan, punya banyak bidang, ada beberapa belas komisi, 30 komisi, dan lembaga. Jadi ada komisinya sekian dan lembaga menyangkut semua hal,” ujar Maruf.

“Ini memang kemarin juga berjalan tetapi tidak ada komando, tidak ada pimpinan eksekutif dan diharapkan dengan sudah terbentuknya ini, jalannya MUI sekarang lebih cepat. Saya ibaratkan jalannya itu Whoosh gitu, seperti kereta cepat Jakarta-Bandung,” sambungnya.

Baca Juga:   Jokowi Pertimbangkan Hapus Sistem PPDB Sekolah

Adapun Ma’ruf Amin menghadiri acara Paripurna Ulama Indoenesia (MUI) hari ini. Maruf membuka paripurna dengan surat Al-Fatihah.

“Marilah, pertama kita buka pertemuan ini dengan membaca surat Al Fatihah, mudah-mudahan acara paripurna pada siang hari ini berjalan dengan lancar dan dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang bermanfaat,” kata Ma’ruf dalam rapat.

Ma’ruf yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI berharap acara dapat berlangsung dengan lancar. Adapun rencananya, paripurna ini akan mengesahkan KH Anwar Iskandar sebagai Ketum MUI yang baru.(SW)