Ini Penjelasan Mensos Risma Terkait Penyaluran Bantuan Tunai se-Indonesia

USAI dibuka langsung secara virtual oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) peluncuran Bantuan Tunai se-Indonesia, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharani ikut menjelaskan anggaran serta bagaimana cara penyalurannya nanti di 34 provinsi.

Mantan Walikota Surabaya ini mengungkapkan, bahwa penerima bantuan yang sakit, lanjut usia, atau penyandang disabilitas, maka bantuan tersebut akan diantar langsung ke tempat tinggal masing-masing oleh petugas dari bank Himbara maupun PT Pos Indonesia.

“Total anggaran yang disalurkan bulan Januari, adalah sebesar Rp13,93 triliun, dengan rincian untuk PKH sebesar Rp7,17 triliun, Kartu Sembako Rp3,76 triliun, dan BST sebesar Rp3 triliun,” terangnya.

Mensos menambahkan, guna pemanfaatan yang bijak dan tepat, untuk bantuan tersebut akan diberikan arahan penggunaan bantuan yang akan disampaikan baik melalui publikasi leaflet, sosialisasi, maupun edukasi, yang disampaikan oleh petugas bank maupun PT Pos.

“Kami akan sampaikan juga larangan semua bantuan untuk dibelikan rokok dan minuman keras. Untuk hal tersebut, kami mohon dukungan dari semua stakeholder dan media terus menyosialisasikan di lapangan, terutama keluarga penerima bansos,” tutup Risma. (**)

Baca Juga:   Walikota GSVL Dampingi Mensos Risma Salurkan Bantuan Bencana Alam