Jokowi Hadiri Natal di Gereja Katedral Bogor, Jamaat Antusias

JAKARTA – Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meninjau langsung pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral Kota Bogor, Jawa Barat. Jokowi disebut jadi presiden pertama yang mengunjungi Gereja Katedral Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya mendapat konfirmasi langsung dari pihak gereja terkait Jokowi menjadi presiden pertama yang datang ke Gereja Katedral Kota Bogor pada perayaan Natal tahun ini.

“Itu tadi pembicaraan di ruang tunggu Katedral ketika Presiden Jokowi menunggu. Saya tanya ke Romo dan dijawab begitu, baru kali ini (Katedral Bogor dikunjungi presiden saat Natal),” kata Bima Arya kepada wartawan, Minggu (25/12/2022).

Hal serupa juga diungkap pegiat paduan suara Gereja Katerdral Bogor, Rita B Marcia. Menurutnya, kedatangan Jokowi ke Katedral Bogor adalah hal yang luar biasa.

“Belum pernah datang iya, presiden kan kalau Natal selalu di Katedral Jakarta, sebagai kepala negara selalu ke sana. Katedral Bogor tuh baru sekarang, hari ini kan ada Zebaoth juga yang dikunjungi presiden hari ini ya. Ini luar biasa,” ucap Rita.

Baca Juga:   Kaesang Ungkap Kemungkinan Pecah Suara Keluarga Jokowi di Pilpres 2024

Wanita yang bergabung dalam paduan suara Gereja Katedral Bogor sejak 1989 itu mengaku sangat terharu dengan kedatangan Jokowi. Dia menyebut momen tersebut menjadi kado terindah pada perayaan Natal tahun ini.

“Kalau untuk kami, saya secara pribadi ya, saya sangat terharu lah ya, ini hadiah Natal terindah untuk Katedral Bogor, untuk umat Katedral, itu kado indah buat kami,” ujarnya.

Rita juga mengapresiasi sikap toleransi Jokowi yang rela menunda masuk ke ruangan gereja karena sedang berlangsung proses ibadah.

“Seorang presiden yang berkunjung dengan kerendahan hatinya, dengan segala ritual yang harus dia tunggu di gereja, kan beliau sempat menunggu untuk masuk, kan karena kita masih ada acara ritual ibadah, beliau nunggu dulu, sesudah itu beliau masuk. Nah itu bentuk penghormatan yang paling menghormati, paling menghargai, paling luar biasa buat kami,” katanya.

“Maksudnya, karena ternyata kan beliau sangat kuat memahami keimanan orang lain, menurut saya, begitu ya, luar biasa loh, saya sangat terharu, pokoknya perasaan umat katolik itu bahagia banget,” tambahnya.(SW)