Kader PPP di Daerah Usulkan Ganjar Capres 2024, Mardiono Sebut KIB Tetap Solid

JAKARTA- Kader PPP di daerah usulkan Ganjar Capres 2024, Mardiono sebut KIB tetap solid. Muhammad Mardiono, Plt Ketua Umum PPP, mengatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tidak terpengaruh dengan isu apa pun termasuk usulan kader PPP di daerah.

Usulan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 mulai bermunculan dari kader PPP di berbagai daerah. Mardiono mengatakan bakal menampung usulan para kader PPP itu.

“Jadi PPP sangat demokratis. Semua suara dari arus bawah itu kita dengarkan, kita jadikan sebagai bahan. Kemudian tentu nanti kita bawa ke rapat,” kata Mardiono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Mardiono lalu menjelaskan mekanisme pembahasan usulan di PPP. Setelah dibahas di internal PPP, usulan bakal dibahas di forum Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

“Jadi Kami tetap menjaga soliditas KIB. Semua usulan kita akan tampung dulu,” kata Mardiono.

Merdiono juga mengatakan di PPP ada tradisi dan tradisi itu tidak bisa dihilangkan begitu saja.

“Jadi tradisi di PPP ada… ulama. Ulama yang tergabung dalam majelis-majelis, kemudian setelah itu kami akan lakukan Mukernas atau rapimnas. Nah, setelah itu karena kami ada kerterikatan dengan KIB, maka kajian-kajian atau rangkuman-rangkuman dari PPP itu akan kami bawa ke KIB,” ujar Mardiono.

Baca Juga:   Pilkada 2020, KPU Sulut Butuh 72.478 Orang di Badan Ad Hoc

Mardiono menjelaskan isu yang dibawa ke forum KIB bakal beragam sebab setiap partai mengusulkan isu masing-masing. Isu itu kemudian akan dibahas untuk dijadikan keputusan bersama.

“Ya kami di situ taat asas, namanya juga koalisi. Kalau koalisi itu duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Semua keputusan adalah keputusan bersama. Begitulah kontrak politik kami dengan KIB,” imbuh Mardiono.

Mardiono mengatakan setiap usulan yang muncul dari akar rumput merupakan keniscayaan. Dia mengatakan hal itu dinamika wajar dalam prosea demokrasi di internal partai.

“Memang kita tunggu, supaya dari grass root itu menyuarakan ide gagasannya, tujuan perjuangannya sehingga nanti kami bawa ke tingkat pusat. Karena kami ada ikatan dengan partai lain menjadi gabungan partai politik, ya kami harus taat asas juga. Nanti akan kita bahas di sana,” imbuh dia.

Munculnya suara kader PPP di berbagai daerah yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres itu sebelumnya disampaikan Ketua DPP PPP Achmad Baidowi. Menurut Awiek, sapaan akrab Baidowi, nama Ganjar sudah mulai disuarakan oleh sejumlah DPW PPP.

Baca Juga:   Perludem Desak KPU Buka-bukaan Data Verifikasi Faktual

“Tapi memang, kalau kita lihat, di beberapa DPW, sudah muncul nama Ganjar. Kita dengarkan. Yang lain juga kita dengarkan, dan tentunya akan kita bahas dan putuskan di Mukernas. Siapa yang akan diusung,” kata Awiek, Minggu (9/10).

Setelah ada keputusan resmi capres dari partai, Awiek meminta kader mengikuti keputusan. Awiek meminta tidak ada hal yang memilih jalan berbeda.

“Sebelum ada putusan, semua kader punya hak sampaikan aspirasi. Setelah ada utusan, semua kader harus tunduk kepada keputusan partai,” ucapnya.(SW)