Massa Aksi Anti LGBT Gruduk Konser Coldplay, Bentrok dengan Aparat

JAKARTA- Bentrokan antara massa aksi Gerakan Nasional Anti LGBT (Gernati) dan anti Coldplay dengan aparat kepolisian dari Brimob pecah di putaran arah depan Hotel Mulia ke Jalan Asia Afrika, Rabu (15/11/2023).

Massa aksi yang membawa satu mobil komando nampak berhadap-hadapan dengan pasukan Brimob berseragam hitam dengan helm dan tameng besi.

Polda Metro Jaya mengaku belum menerima pemberitahuan soal adanya aksi demontrasi menolak konser Coldplay, yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (15/11/2023).

“Sejauh ini Polda Metro jaya belum menerima pemberitahuan apapun,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada wartawan.

Menurut dia, imbauan telah dilakukan kepolisian kepada elemen masyarakat agar pihak yang menggelar demo untuk pengajuan izin atau pemberitahuan.

Namun hingga saat ini tidak ada penyampaian izin atau pemberitahuan dari elemen masyarakat yang menggelar aksi demo tersebut.

“Sudah kami sampaikan mengimbau, memberikan ruang waktu, hari ini tidak ada pemberitahuan, tentu langkah tindakan hanya kita lakukan sebagai langkah terakhir,” kata dia.

Baca Juga:   Sah, Pemerintah Resmikan Tiga Provinsi Baru di Papua

“Harapannya kita sama-sama meningkatkan mewujudkan rasa aman sehingga semua bisa berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku,” lanjut Trunoyudo.

Pantauan Wartakotalive.com sekira pukul 14.57 WIB, massa aksi yang membawa satu mobil komando berhadap-hadapan dengan anggota Brimob berseragam hitam, lengkap dengan helm dan tameng besi.

Kedua kelompok yang berhadapan sempat memanas.

Massa tak mau mundur dari lokasi tempatnya berdemo.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro yang turun langsung telah memerintahkan mundur.

Lantaran tak diindahi, dari mobil komando, Susatyo memerintahkan pasukan Brimob itu untuk maju dan menghadang para massa aksi.

Sempat terjadi bentrok dan aksi saling teriak antara petugas dan massa aksi dalam beberapa menit.

Tampak massa mulai menendang barikade polisi. Terlihat pula orator aksi itu mencoba untuk menenangkan massa yang mulai ricuh.

“Tahan. Komando kalian ada di sini, tahan,” ucap orator ke massa aksi dari mobil komando.

Pihak kepolisian pun masih terus berjaga di sekitaran GBK untuk mengamankan aksi unjuk rasa agar tidak kembali ricuh dan mengacaukan konser Coldplay malam ini.(SW)