Tak Jadi Rayakan HUT ke 50 di GBK Bukti PDIP Taat Aturan

JAKARTA – Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) menyebut PDIP sempat merencanakan Stadion Gelora Bung Karno (GBK) untuk perayaan HUT 10 Januari 2023. Namun Pacul menyebut lebih memilih JIExpo Kemayoran karena GBK dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20.

Indonesia memang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Karenanya stadion GBK kini tengah rapih-rapih untuk perhelatan besar itu. Dan selama persiapan, GBK tertutup untuk acara-acara apa pun yang beresiko merusak rumput stadion dan fasilitas lainnya.

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan mulanya acara HUT digelar di Stadion GBK namun ada kendala.

“Ketika ada larangan dari Menpora bahwa Stadion utama GBK tidak boleh dipakai, dan hal tersebut berlaku umum, saya langsung melaporkan kepada Ibu Megawati, dan arahan beliau, kami langsung memindahkan rencana Peringatan HUT PDI Perjuangan ke-50, ke Kemayoran,” ujar Hasto.

Hasto menegaskan PDIP memindahkan acara dari GBK ke Kemayoran karena taat azas, hukum dan konstitusi. Dia mengatakan pihaknya tidak berupaya melakukan lobi agar HUT PDIP bisa digelar di GBK.

Baca Juga:   Sebut Megawati Gila Jabatan, PDIP Laporkan Akun Tik Tok ke Polda Sumut

“Kami itu parpol yang diajarkan untuk taat azas, taat hukum dan konstitusi. Jadi kami tidak lantas menggunakan kekuasaan atau melobby, untuk mengubah aturan. Kami dengan kesadaran taat hukum, memindahkan acara HUT partai yang ke 50. Padahal GBK memiliki sejarah yang begitu penting,” ujarnya.

Hasto mengatakan acara HUT ke-50 PDIP yang akan digelar pada 10 Januari 2023 mendatang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan Hasto saat konferensi pers secara daring bertajuk ‘Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju Tahun 2023’, Jumat (30/12/2022). Hasto mulanya mengundang pers ke acara itu.

“Nantinya berekenan untuk meliput seluruh rangkaian hari ulang tahun (HUT) PDI Perjuangan yang ke-50 yang akan dilakukan pada 10 Januari 2023,” kata Hasto mengakhiri konferensi pers tersebut.

Hasto mengatakan acara itu akan dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Dia menyampaikan Jokowi bakal hadir di acara HUT partai berlogo banteng moncong putih ini.

“Dimulai dari jam 9 pagi dan juga akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi,” ujarnya.(SW)