Ini Dia Jenis Mobil Derek yang Mungkin Anda Butuhkan

JAKARTA – Pasti kita sudah tidak asing dengan istilah mobil derek. Mobil derek akan membantu mobil yang mogok agar dapat dipindahkan ke bengkel atau ke tempat lain yang diinginkan.

Pada umumnya, jasa mobil derek ini dikenakan biaya. Namun di jalan tol, ada layanan mobil derek gratis untuk mobil yang mogok, tapi dengan syarat tertentu.

Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja jenis-jenis mobil derek yang biasa digunakan, lengkap dengan tarif jasa, dan tips buat Anda ketika menghadapi mobil yang mogok di jalan tol.

Jenis-jenis Mobil Derek
Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis mobil derek? Jika kalian pernah melihat atau menggunakan jasa mobil derek, mungkin akan melihat ada mobil derek kecil hingga besar.

1. Mobil Boom
Mobil boom berwujud kendaraan roda empat yang dilengkapi dengan crane atau boom, yaitu alat untuk menarik atau menderek mobil.

Mobil ini biasa digunakan untuk menderek mobil yang mengalami kecelakaan berat, seperti masuk ke jurang, sungai, maupun terbalik di jalan.

2. Pengait dan Rantai
Yang kedua, ada mobil derek yang menggunakan pengait dan rantai. Bagian depan mobil mogok akan dikaitkan dengan mobil derek sehingga mobil mogok bisa ditarik meski mesin mati.

Namun jika menggunakan jasa mobil derek ini, mobil mogok harus tetap dikemudikan untuk memudahkan proses penderekan.

3. Angkat Roda
Mobil derek yang satu ini sering dipakai oleh Dinas Perhubungan untuk menderek mobil yang parkir sembarangan. Cara mengangkut mobil tersebut adalah dengan mengangkat dua rodanya, bisa roda depan maupun belakang.

Jika yang diangkat roda bagian depan, maka roda belakang akan tetap berada di tanah sehingga mobil bisa diangkut mobil derek tanpa perlu dikemudikan sopir.

4. Mobil Towing atau Derek Gendong
Towing dalam bahasa Indonesia juga berarti derek. Namun sebutan mobil towing biasa digunakan untuk truk yang dapat ditumpangi mobil lain, makanya disebut derek gendong.

Seluruh bagian mobil yang mogok akan naik ke bak truk, sehingga lebih aman. Namun proses menaikkan mobil ke truk agak membutuhkan waktu dan berisiko tergores.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Bakal Buka Muktamar Muhammadiyah

Mobil towing juga digunakan untuk mengangkut mobil dari pabrik ke showroom atau dari showroom ke rumah pembeli.

5. Mobil Derek Hidrolik
Terakhir, ada mobil derek hidrolik yang mirip dengan derek gendong. Namun mobil derek ini memiliki teknologi yang lebih maju, yaitu dilengkapi hidrolik yang dapat mengangkat mobil mogok dengan lebih mudah.

Teknologi tersebut mampu mengurangi risiko goresan atau kerusakan mobil saat dinaikkan ke bak truk. Mobil derek ini cocok untuk mobil mewah yang memiliki ground clearance rendah.

Tarif Jasa Mobil Derek di Jalan Tol
Tentu ada tarif yang harus dibayarkan jika menggunakan jasa mobil derek. Salah satunya adalah ketika mobil mogok di jalan tol.

Tarif mobil derek ini bisa berbeda-beda. Di bawah ini kita contohkan tarif yang dikenakan di wilayah Jabodetabek.

Tarif yang diberlakukan ada tarif awal dan tarif per kilometer. Tarif awal adalah biaya untuk mengantarkan mobil mogok ke gerbang tol terdekat. Sementara tarif per kilometer adalah biaya untuk mengantarkan mobil dari gerbang tol sampai ke tempat yang dikehendaki.

Dikutip dari situs Toyota-Astra, berikut ini tarif mobil derek di jalan tol Jabodetabek yang dikelola PT Jasa Marga:

Golongan I (kendaraan sedan, jip, pikap, truk kecil, dan bus sedang): tarif awal Rp 100.000 dan tarif per kilometer Rp 8.000
Golongan II (bus besar, truk sedang, dan bus besar): tarif awal Rp 135.000 dan tarif per kilometer Rp 10.000.

Golongan III (tronton, trailer, dan truk dengan 3 gardan atau lebih): tarif awal Rp 200.000 dan tarif per kilometer Rp 15.000
Ruas Tol Purbaleunyi Tarif jasa mobil derek di ruas tol jalan ini yaitu:

Golongan I (kendaraan sedan, jip, pikap, truk kecil, dan bus sedang): tarif awal Rp 145.000 dan tarif per kilometer Rp 10.000
Golongan II (bus besar, truk sedang, dan bus besar): tarif awal Rp 180.000 dan tarif per kilometer Rp 12.500
Golongan III (tronton, trailer, dan truk dengan 3 gardan atau lebih): tarif awal Rp 200.000 dan tarif per kilometer Rp 20.000
Derek Gratis di Jalan Tol

Baca Juga:   HUT 77 TNI, Diwarnai Permohonan Maaf untuk Korban Kanjuruhan

Jasa Marga juga memberikan layanan derek gratis di jalan tol yang berlaku selama 24 jam. Namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku, yaitu

Jarak mobil mogok maksimal 1 kilometer dari gerbang keluar tol terdekat
Tips Ketika Mobil Mogok di Jalan Tol
Mogok di jalan tol tentu tidak kita harapkan. Tapi jika hal ini terjadi, tidak perlu panik. Dikutip dari situs Wuling, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Hubungi Mobil Derek
Ketika mobil mogok, tak perlu panik dan segera hubungi layanan mobil derek. Jika Anda sering melewati jalan tol, ada baiknya menyimpan nomor mobil derek.

Salah satu pengelola jalan tol terbesar adalah Jasa Marga. Nomor hotline Jasa Marga adalah 14080. Sampaikan lokasi Anda secara akurat, lengkap dengan jenis mobil dan tujuan derek.

2. Tunggu Mobil Derek
Tunggulah mobil derek sampai datang. Anda bisa memasang segitiga pengaman dan nyalakan lampu hazard agar pengguna jalan lain tahu mobil Anda mogok. Keluarlah dari mobil selama menunggu.

3. Pastikan Mobil Diderek dengan Aman
Pastikan mobil Anda aman selama diderek agar tidak terjadi kerusakan fisik. Amankan juga barang-barang penting di dalam mobil.

Demikian tadi telah kita ketahui jenis-jenis mobil derek, lengkap dengan tarif layanan di jalan tol, beserta tips jika mobil Anda mogok di jalan tol. Tak perlu panik dan segera hubungi mobil derek.(SW)