Kaesang Tak Peduli Disebut Bidak Catur Jokowi

JAKARTA – Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep merespons dirinya disebut PKB sebagai bidak catur politik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kaesang mengaku santai-santai saja dengan pandangan tersebut.

Mulanya, Kaesang merespons pernyataan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang meminta parpol patut waspada terhadap PSI. Kaesang menyerahkan kontestasi pemilu di tangan rakyat sebagai pemilih.

“Ya balik lagi, itu kan nanti tergantung masyarakat. Masyarakat yang memilih,” kata Kaesang saat safari politik ke Kantor DPP Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) di Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023).

Lebih lanjut, Kaesang menanggapi pernyataan Wasekjen PKB Syaiful Huda yang menyebut dirinya sebagai bidak catur politik ayahnya, Presiden Jokowi. Dia mengaku tak mempersoalkan.

“Yaudahlah itu kan pengamatan dia, ya nggak apa-apa. Saya santai saja,” kata Kaesang.

Seperti diketahui, Cak Imin, yang merupakan bacawapres Anies Baswedan di Koalisi Perubahan, telah menjelaskan maksud kata ‘waspada’ yang disampaikannya saat mengomentari Kaesang menjadi ketum PSI. Cak Imin mengatakan kewaspadaan itu terkait suara pendukung PKB jangan sampai berpaling ke PSI.

Baca Juga:   Jokowi - Xi Jinping Saksikan Uji Coba Kereta Cepat

“Namanya pemilu kan kompetisi, siapa pun yang hadir di dalam kompetisi, terutama Mas Kaesang, kita tahulah putra Pak Jokowi. Tentu semua harus waspada, jangan sampai suara PKB keambil,” kata Cak Imin di Lebak Bulus, Jakarta, Rabu (27/9).

Cak Imin kemudian mempertegas pernyataannya dengan mengaku tak khawatir suara PKB beralih ke PSI. Cak Imin menyebut dirinya hanya mengingatkan agar hati-hati.

“Nggak khawatir, cuman ya hati-hati,” ujarnya.

Sementara itu Kaesang Pangarep mengajak relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) untuk bisa nyaleg melalui PSI. Kaesang mengatakan asalkan anggota relawan tersebut memiliki kemauan.

“Ya saya rasa kan balik lagi, kami dari PSI terbuka untuk semua yang pengin nyaleg lewat PSI. Kami terbuka lebar, siapapun. Asal punya kemauan dan punya semangat yang tinggi untuk membuat Indonesia lebih baik, kenapa tidak?,” ujar Kaesang kepada wartawan di Kantor DPP ABJ, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/9/2023)

Kaesang menyebut tak hanya relawan, masyarakat umum pun sudah banyak yang berkeinginan mendaftar sebagai caleg lewat PSI.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Bakal Bertemu Presiden FIFA Besok di Istana

Sudah banyak kemarin (masyarakat umum) waktu saya mendaftar sebagai anggota, ditetapkan sebagai anggota, ditetapkan sebagai Ketum, sudah buanyak banget yang mendaftar sebagai anggota dan sekarang juga sudah buanyak banget yang pengen jadi caleg dari PSI,” ucap Kaesang.

Sebelumnya, Ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, kembali melanjutkan safari politiknya. Kali ini, dia datang menemui relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.(SW)