Kelamaan Tarik Ulur Cawapres Anies, Koalisi Perubahan Makin Suram

JAKARTA – Kelamaan Tarik Ulur Cawapres Anies, Koalisi Perubahan Makin Suram. Baik Partai Demokrat maupun PKS sama-sama menyodorkan calon pendamping Anies di Pilpres 2024.

Partai Demokrat berharap Ketum mereka, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan dalam Pemilu 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai wajar jika Demokrat mencalonkan AHY.

“Selalu ada musyawarah (persoalan cawapres). Wajar tiap partai mengajukan calonnya,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Rabu (11/1/2023).

Mardani mengungkapkan PKS yang merupakan bagian dari Koalisi Perubahan mengajukan kadernya yakni Ahmad Heryawan atau Aher sebagai cawapres pendamping Anies. Dia mengatakan semuanya masih dibahas dalam musyawarah bersama Koalisi Perubahan.

“PKS masih mengajukan Kang Aher. Tapi semua dibahas dalam musyawarah yang penuh harmoni dan saling legowo,” ujarnya.

Saat ditanya apakah deklarasi cawapres pendamping Anies akan dilakukan Februari mendatang, Mardani meminta doa agar rencana itu dilancarkan. Dia mengatakan deklarasi diusahakan dilakukan bersama Koalisi Perubahan.

“Doakan lancar. Akan diumumkan pada saatnya. Diusahakan bersama-sama (koalisi perubahan) itu etikanya,” imbuhnya.

Baca Juga:   MA Minta Tokoh Jangan Spekulasi Terkait PK Moeldoko

Sebelumnya, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan pihaknya tengah mempersiapkan calon presiden dan wakil presiden terbaik pilihan partai. Syarief berharap pendeklarasian koalisi dan capes-cawapres bisa dilakukan di bulan Februari 2023.

“Bisa dua minggu lagi, bisa sebulan lagi. Mudah-mudahan doakan saja Februari ya,” kata Syarief saat dihubungi, Selasa (10/1).

Syarief berharap di bulan Februari itu akan ada pendeklarasian koalisi Partai Demokrat, PKS dan NasDem. Ia berkeinginan di bulan tersebut juga sudah sekaligus pendeklarasian capres dan cawapres.

“Mudah-mudahan koalisinya terbentuk, mudah-mudahan berbarengan (paket capres-cawapres),” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Syarief berharap Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Perubahan. AHY diharapkan bisa mendampingi Anies Baswedan untuk maju.

“Nggak (disampaikan di tim kecil), inikan perkiraan kita, harapan kita. Ya harapannya begitu (AHY cawapres Anies) mudah-mudahan ya,” katanya.(SW)