Luis Milla Jadi Pelatih Persib Bandung, Harapan Besar di Pundaknya

BANDUNG- Kedatangan Luis Milla sebagai pelatih Persib Bandung menaruh harapan besar bagi bobotoh. Di pundaknya, diharapkan Persib bisa bangkit dari keterpurukan.

Seperti diketahui diawal BRI Liga 1, Persib kalah dua kali dan seri sekali. Namun kini merangkak naik. Saat ini Persib mengoleksi 7 poin dari 5 pertandingan BRI Liga 1 2022, dan naik peringkat di klasemen Liga 1 2022.

Luis Milla datang meneruskan tugas Robert Rene Alberts, yang dipecat Persib Bandung. Sebelumnya, pelatih Belanda itu gagal memberi kemenangan di tiga laga perdana Maung Bandung, sampai akhirnya diganti manajemen.

Luis Milla membuat unggahan pertamanya, usai resmi menjadi pelatih Persib Bandung. Pria asal Spanyol itu mengucapkan terima kasih dan menyapa Bobotoh.

Persib resmi menunjuk Luis Milla sebagai pelatih pada Jumat (19/8/2022), jelang laga melawan PSS Sleman. Milla menjadi pengganti Robert Rene Alberts.

Dalam kata-kata pertamanya sebagai pelatih Persib, Milla membuat unggahan di media sosialnya. Pria berusia 56 tahun itu menyapa Bobotoh.

Very excited to join @Persib,” tulis Luis Milla.

“Hatur nuhun pak @glennsugita for this wonderful opportunity [terima kasih Pak Glenn Sugita atas kesempatan yang luar biasa ini],”

“See you soon bobotoh!” tulis Milla.

Luis Milla sendiri sudah tak asing dengan sepakbola Indonesia. Pria yang pernah membela Real Madrid dan Barcelona itu sempat melatih Timnas Indonesia pada 2017-2018.

Baca Juga:   Zulhas Siap Menangkan PAN di Jawa Tengah

Selain melatih Timnas Indonesia, Luis Milla juga pernah melatih Timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, dan U-23. Sementara di level klub, Persib Bandung menjadi klub ketiga yang ia tangani, setelah Al Jazira dan Zaragoza.

Sementara itu, Persib merebut poin penuh saat melawan PSS Sleman di pekan ke-5 BRI Liga 1 2022. Maung Bandung menang 1-0 lewat gol David da Silva.

Dalam laga di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (19/8/2022), Persib bisa unggul cepat di kandang PSS. David Da Silva yang membawa keunggulan.

Berawal dari crossing Febri Hariyadi dari sisi kanan, Da Silva bisa menyontek masuk bola ke gawang PSS. Persib memimpin 1-0.

PSS coba menekan, namun cukup kesulitan. Peluang sempat didapat di menit ke-31, lewat aksi Komarudin, namun ia gagal memaksimalkan umpan tarik Todd Rivaldo Ferre. Hingga jeda, skor 1-0 bertahan.

Pada babak kedua, Persib masih mendominasi PSS dari segi permainan. Beberapa peluang juga bisa didapat tim yang baru saja meresmikan Luis Milla sebagai pelatihnya itu.

Di menit ke-60, tendangan bebas didapat Persib usai David Da Silva dilanggar. Marc Klok maju menjadi eksekutor, namun gagal mengarahkan bola tepat ke gawang, dengan arahnya masih sedikit ke samping.

Baca Juga:   Nusron Wahid Minta Agus Rahardjo Bawa Bukti Bukan Sekadar Bicara

Pada menit ke-68, Ciro juga punya peluang emas bikin gol. Dalam situasi serangan, Ciro bisa berhadapan dengan kiper, namun upayanya masih bisa digagalkan.

Sementara PSS Sleman cukup kesulitan membongkar pertahanan Persib Bandung. Banyak umpan silang coba dilepaskan, yang mudah diantisipasi barisan belakang Persib. Hingga memasuki menit ke-80, terlihat anak asuh Seto Nurdiantoro mulai frustrasi.

Persib, yang mulai kelelahan, gantian banyak ditekan PSS di menit-menit akhir. Namun, penyelesaian buruk membuat serangan PSS tak berbuah apa-apa.

Hingga laga bubar, tak ada gol lagi tercipta. Persib menang 1-0 atas PSS Sleman, yang menjadi kemenangan kedua Maung Bandung.(SW)