PPP: Kalau Beda Capres, Ya KIB Bubar

JAKARTA – Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menyambut baik rencana pertemuan PAN dengan PDIP pada Jumat (2/6) siang. Maka kalau beda capres KIB bisa bubar.

Ketum PAN Zulkifli Hasan dan DPP PAN akan bersilaturahmi ke Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pertemuan itu bakal membahas dukungan capres kepada Ganjar Pranowo.

“Ya kalau jadi merapat, kami ucapkan selamat bergabung, selamat datang saudaraku dari PAN, sama-sama usung Pak Ganjar Pranowo,” kata Awiek saat dihubungi wartawan, Jumat (2/6).

Sebelumnya, PPP sudah lebih dulu mengumumkan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024. PPP juga sudah melakukan pertemuan resmi dengan PDIP.

Seiring dengan pertemuan tersebut, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk PPP bersama Golkar dan PAN disebut belum bubar dan masih berkomunikasi intensif.

Awiek berharap setelah PAN, Golkar bisa ikut mengusung Ganjar. Menurutnya jika pilihan Golkar berbeda, KIB dipastikan bubar.

“Kalau kemudian Golkar juga dukung Ganjar Pranowo, maka KIB plus-plus. Tapi kalau Golkar masih usung Pak Airlangga Hartarto [capres] ya nggak bisa lanjut, bisa bubar dengan baik-baik,” ungkap dia.

Baca Juga:   Tak Mau Buru-buru, Sandiaga Bingung Pilih PPP Atau PKS

“Dalam koalisi itu harus satu capres. Tidak boleh lebih dari satu capres. Meski pengusungan capres hak masing-masing,” ujar Awiek.

Sementara Waketum PAN Viva Yoga Mauladi mengungkap, Zulhas akan mengumumkan capres PAN usai pertemuan ini.

“Sesuai keputusan Rakernas PAN 2020, Mas Ganjar Pranowo adalah salah satu nama yang masuk radar pencalonan di Pilpres 2024,” ucap Viva.

“Untuk itu, kita menunggu keputusan dan penetapan nama dari Bang Zulkifli Hasan untuk Pilpres 2024,” tutup dia.(SW)