Surya Paloh Bakal Restui AHY, Kini Tinggal PKS

JAKARTA – Surya Paloh bakal restui AHY, kini tinggal PKS. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Selasa bertemu Anies Baswedan lantas hari ini, Rabu (26/10/2022) bertemu Ketum Partai NasDem Surya Paloh.

Baik Anies maupun Surya Paloh tampaknya tak masalah dengan AHY untuk Cawapres. Dimata Anies, AHY memiliki visi kebangsaan yang sama sementara dimata Surya Paloh, semua diserahkan kepada Anies. Lantas bagaimana PKS?

Berbicara soal kans AHY menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan, Paloh mengatakan AHY masuk nominasi cawapres pendamping Anies.

“Sedang kita nominasikan, kita cari, kita utak-atik, kita lihat lagi, kita lihat tanda-tanda, bahasa dari berbagai aspek, yang memungkinkan hingga pasangan Pak Anies-nya seperti yang diharapkan beliau sebagai capres,” kata Paloh usai menggelar pertemuan dengan AHY di Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Paloh mengatakan kecocokan AHY dengan kriteria cawapres yang disebutkan Anies merupakan sepenuhnya menjadi perhitungan Anies. Namun dia menyebut bakal merestui apa pun yang terbaik.

“Nah yang bisa jawab hanya Pak Anies. Sudah saya serahkan kepada Pak Anies,” kata dia.

Baca Juga:   Anies Baswedan Capres Nasdem, Saling Sahut Djelantik dan Bestari

“Kalau saya orang tua ini apa. Kalau baik-baik pasti saya restui,” sambungnya.

Di samping itu, Paloh mengatakan saat ini bakal poros koalisi yang sedang terjalin antara NasDem, Demokrat, PKS masih terus menyesuaikan frekuensi. Dia memastikan hubungan yang terjalin di koalisi semakin kokoh.

“Koalisi memang sedang menyesuaikan frekuensi, apa yang barangkali bisa disesuaikan satu sama lain, tapi yang jelas hubungan yang baik selama ini sudah terjalin semakin memperkokoh semangat,” katanya.

Hanya, kata dia, ketiga parpol masih mempertimbangkan soal momen deklarasi koalisi. Soal penentuan cawapres, Paloh mengatakan hal itu masih belum ditetapkan.

“Waktunya kapan untuk deklarasinya, hari cari baik bulan baik,” katanya. “Cawapres belum,” imbuhnya.(SW)