Anies-AHY, Restu NasDem dan PKS Tinggal Tunggu Waktu

JAKARTA – Anies-AHY sepertinya tinggal menunggu waktu saja untuk mendapat restu dari NasDem dan PKS. Anies Baswedan sendiri telah bertemu empat mata dengan AHY kemarin.

Anies Baswedan mengunggah momen diskusi dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pertemuan Anies dengan AHY itu terjadi saat petinggi Partai NasDem, Demokrat, dan PKS yang tergabung dalam tim kecil menggelar pertemuan membahas soal calon wakil presiden (cawapres).

AHY sendiri rencananya bakal bertemu Surya Paloh hari ini. Jika AHY mendapat restu NasDem untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024, maka restu PKS rasanya akan lebih mudah didapatkan. Dan Anies-AHY bakal melangkah mulus ke Pilpres 2024.

Pada pertemuan tim kecil NasDem, Partai Demokrat dan PKS bersama Anies, semula AHY tidak ada. Namun kemudian AHY berinisiatif datang untuk menemui Anies Baswedan.

AHY diketahui menyusul dan bergabung dalam pertemuan tersebut. Anies kemudian mengunggah foto saat berdua dengan AHY di akun resmi instagramnya.

“Sebuah kehormatan siang ini Mas AHY berkenan mampir, dan kami diskusi berdua cukup panjang,” kata Anies, seperti dilihat, Selasa (25/10/2022).

Anies menuturkan bersama AHY saling mencocokkan catatan dan membahas sejarah hingga tantangan Indonesia ke depan.

Baca Juga:   Anies Hormati Megawati Jaga Demokrasi, Tolak Presiden 3 Periode

“Comparing notes, saling mencocokkan catatan dan bacaan. Selalu menyenangkan dan mencerahkan kalau berdiskusi, tukar pikiran dengan Mas AHY. Membahas dari soal sejarah hingga soal tantangan Indonesia ke depan,” ucap Anies.

Anies lalu menyinggung soal titik temu. Dia mengatakan ketika gagasan bernegara ditopangtinggikan, makan ada pencerahan dalam diskusi itu.

“Alhamdulillah, ketika gagasan tentang bernegara ditopangtinggikan maka begitu banyak titik temu dalam diskusi. Sekali lagi, terima kasih Mas AHY,” ucap Anies.

Sebelumnya, para elite ketiga partai bercengkerama di sebuah meja makan. Tampak hadir di acara tersebut, yakni Anies Baswedan, Sugeng Suparwoto, Willy Aditya, M Sohibul Iman, Pipin Sofian, M Kholid, Iftitah, Benny K Harman, dan Sudirman Said.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan pertemuan tim kecil ini melanjutkan pembicaraan soal pematangan koalisi. Menurutnya, pembahasan tim kecil sudah pada tahap pendalaman kriteria dan mekanisme penentuan cawapres yang mendampingi Anies.

“Dalam suasana santai diskusi Tim Kecil terus berlanjut mematangkan agenda yang pembahasan terkait Wapres pendalaman kriteria dan mekanismenya,” kata Willy kepada wartawan.

Willy mengatakan pembahasan sempat berlangsung alot lantaran ketiga parpol belum mendekati kata sepakat. Willy mengatakan PKS mengusulkan nama Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Ahmad Heryawan atau Aher, sedangkan Demokrat menawarkan nama AHY.

Baca Juga:   PPP Tak Masalah Nomor Urut Capres, Semua Nomor Cantik

“Pembahasan terjadi secara dinamis dan alot karena NasDem menyerahkan pada Capres Anies terkait Cawapres sementara PKS mengusulkan Ahmad Heriawan dan PD menawarkan AHY,” ujarnya.

Sementara itu Willy Aditya juga mengatakan rencana pertemuan AHY dengan Surya Paloh Hari ini.

“Iya, ada rencana diagendakan Mas AHY ketemu Pak Surya,” kata Willy.

Meski demikian, Willy belum memastikan secara detail terkait lokasi pertemuan AHY dengan Surya Paloh. Pertemuan itu, kata Willy, hanya seperti pertemuan kekeluargaan.(SW)