Panda Nababan Bantah Isu Megawati Maju Capres Lagi

JAKARTA – Mencuat isu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan mencalonkan diri lagi sebagai calon presiden (capres) menjelang Pemilu 2024. Politisi senior PDIP Panda Nababan membantah tegas isu itu.

Mulanya, Panda menyebut isu Megawati hendak mencalonkan diri lagi sama liarnya dengan isu Jokowi 3 periode hingga Pemilu bakal ditunda. Panda menegaskan isu tersebut maha tersesat.

“Kenapa aku katakan liar sama itu kaya isu tiga periode, pemilu ditunda, jadi ada asumsi-asumsi interpretasi sama yang bahaya tadi Megawati (mencalonkan diri lagi), jadi apa terus jadi pembenaran, terus jadi polemik, jadi diskusi, itu kan jadi tersesat,” ujar Panda dalam acara Adu Perspektif yang disiarkan detikcom berkolaborasi dengan Total Politik, Senin (9/1/2023).

Panda kemudian ditanya pandangannya soal ide Megawati mau maju Capres lagi. Panda lantas menegaskan ide tersebut sangat sesat.

“Bukan tersesat, tapi maha tersesat. Saya berani mengatakan itu karena saya sudah tanya dia (Megawati) tapi belum pernah berubah (keputusan untuk tidak mencalonkan diri lagi),” jawab Panda.

Baca Juga:   Yahya Staquf Sebut NU Tak Jauh-jauh dari Jokowi

Sebelumnya, Panda pernah bertanya ke Megawati apakah ada niatan maju lagi menjadi capres. Percakapan itu terjadi sekitar tahun 2013.

“Aku sendiri, aku pribadi sudah nanya Mega beberapa waktu yang lalu ‘Mbak mau maju lagi menjadi calon Presiden?’. (Megawati berkata) ‘Apa kau pikir saya nggak tahu malu? Saya sudah nenek-nenek'” ujar Panda

Megawati, sebut Panda, kala itu menyinggung hattrick kekalahannya di pemilihan Presiden.

“‘Saya sudah kalah tiga kali dengan Gus Dur kemudian dengan SBY'” ujar Panda menirukan suara Megawati.(SW)